Patroli Karhutla Menemukan Sumber Air di Petangis

385

SOROT – Di Beberapa kecamatan di Kabupaten Paser gencar dilakukan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Seperti yang berlangsung di Kecamatan Batu Engau Kabupaten Paser Kaltim, Selasa (8/11). Tim patroli karhutla yang terdiri dari Polsek Batu Engau, Koramil Kerang, Manggala Agni, Satpol PP, dan dibantu Ketua RT setempat menyisiri Desa Petangis guna mencari cadangan sumber air.

“Mencari sumber air tujuannya untuk digunakan sebagai penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di desa itu, kalau terjadi kebakaran tim sudah tahu dimana ada sumber air terdekat dari titik api, sehingga bisa mempercepat melakukan pemadaman,” kata Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan.

Setelah melakukan pencarian sumber air kata Hendra, Polsek Batu Engau bersama tim lainnya berhasil menemukan sumber air di sebuah lahan sawit di Desa Petangis. Meski begitu, kapolres masih berharap tim patroli dapat menemukan cadangan sumber air dalam jumlah banyak.

“Kalau Banyak sumber air maka akan dapat mengakomodir kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dalam jumlah besar,” tutur Hendra.

Sebelum petugas pemadam kebakaran hutan datang sambung Hendra, tentu perlu dilakukan upaya pemadaman awal. Di situlah cadangan sumber air terdekat dibutuhkan.

Sementara menurut AKP Yulianto Kapolsek Batu Engau, berdasarkan pantauan tim patroli tidak ditemukan adanya kebakaran hutan dan lahan di Desa Petangis.

‚ÄúTidak ada terlihat adanya kebakaran hutan saat dilakukan patroli, jadi kondisi sementara Desa Petangis aman,” kata Yulianto. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.