Dua Polsek di Paser Dikunjungi Siswa TK, Kapolsek: Siapa yang Tau Tugas Polisi? Begini Jawaban Mereka

415

SOROT – Siswa Taman Kanak-kanak TKIT Al – Azar 4 Long Kali, Kabupaten Paser, Kaltim mengunjungi Polsek Long kali, Sabtu (23/2/19) pagi.

Kunjungan belajar yang dilakukan 48 siswa TKIT Al – Azar 4 Long Kali tersebut untuk menambah wawasan. Mereka didampingi Kepala Sekolah dan lima orang guru lainnya.

Diawali perkenalan dan ucapan selamat datang oleh Kapolsek Long Kali Iptu Hani Mujoko, lalu dilanjutkan Penyampaian pengenalan tugas, fungsi dan alat yang digunakan Kepolisian dalam menjalankan tugasnya Kepolisian.

“Pengenalan itu disampaikan oleh Aiptu Baharuddin dan Aipda Sudirmanto kepada siswa-siswi Taman Kanak-kanak,” kata Kapolsek Hani.

Selain itu kata dia, siswa TK juga diajak masuk keseluruh ruangan yang ada di Polsek Long Kali, sambil masing-masing nama ruangan tersebut.

Dan Diakhir kunjungan, siswa diajak foto bersama didepan Mapolsek Long Kali. “Sebelum pulang mereka kita ajak foto bersama.

Kunjungan yang sama juga dilakukan oleh siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, mereka menyambangi Polsek Batu Engau didampingi para guru.

Puluhan siswa TK tersebut disambut langsung Kapolsek Batu Engau Iptu Yulianto Eka Wibawa, sekaligus mempersilahkan masuk ke Mapolsek untuk mengambil tempat duduk yang sudah disediakan.

Dihadapan pada siswa yang melakukan kunjungan dalam rangka memahami dan taat hukum sejak dini, kapolsek mengajukan beberapa pertanyaan.

“Siapa yang tau tugas polisi,” tanya Kapolsek Batu Engau kepada para siswa TK tersebut.

Sejumlah siswa TK mengacungkan tangan sambil menjawab pertanyaan Yulianto. “Menangkap penjahat,” sebut salah satu siswa singkat.

Kemudian Yulianto menjelaskan, tugas polisi itu selain menangkap maling, juga menjaga keamanan dan ketertiban.

“Keamanan itu apa? agar tidak diganggu oleh orang-orang yang jahat,” sebut Yulianto.

“Anak-anak juga gak boleh berkelahi, nanti kalau berkelahi bisa ditangkap polisi, jadi tidak boleh berkelahi, tidak boleh berjudi dan harus patuh dan taat kepada guru,” tambahnya.

Kemudian lanjut memperkenalkan helm. “Ada yang tau gak helm gunanya apa,” tanya Yulianto kembali.

“Untuk melindungi kepala,” teriak sejumlah anak.

“Kalau naik motor supaya aman kita harus menggunakan helm,” pesan kapolsek.

Terpisah, Kapolres Paser AKBP Roy Setya Putra mengatakan, kunjungan siswa TK di dua Polsek tersebut untuk memberikan pemahaman sedini mungkin kepada anak tentang polisi dan hukum.

“Siswa TK diberi pengetahuan mengenai, tugas, fungsi dan alat yang digunakan personil polisi saat bertugas, begitu juga soal hukum, harus memahami dan taat hukum sejak dini,” kata Roy. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.