Wabup Paser Minta Kepala OPD Buat Inovasi Layanan Publik

336

SOROT – Wakil Bupati (Wabup) Paser Kaharuddin, meminta kepada Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berinovasi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Kaharuddin saat membuka Workshop pelaksaan birokrasi dan penguatan akuntabilitasi yang digelar Pemprov Kaltim bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gedung Awa Mangkuruk, Rabu (2/10).

“Kami mendorong inovasi-inovasi terutama pada pelayanan publik dan keterbukaan informasi publik,” ujar Kaharuddin.

Menurut Kaharuddin, ASN harus selalu memilik inovasi dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat.

Kaharuddin mencontohkan beberapa invoasi layanan publik seperti SIMANDU atau Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terpadu, atau Si Papah Ganteng yaitu aplikasi sistem informasi pengaduan sampah dan gangguan tentang lingkungan.

“Atau Media Center Kabupaten Paser yang juga telah launching Media Center di Kecamatan Muara Komam. Ini juga inovasi,” kata Kaharuddin.

Wabup juga berharap Kepala OPD agar secara rutin memantau capaian kinerja program kegiatan, karena sebelumnya telah dilakukan komitemen perjanjian kerja oleh seluruh pejabat eselon.

Kaharuddin mengajak pada seluruh ASN, untuk melakukan penataan dan penguatan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah demi mewujudkan reformasi birokrasi.

Caranya, yakni setiap ASN harus tahu apa yang dikerjakan serta memiliki tujuan kerja yang jelas.

“Karena setiap ASN, harus tahu apa pekerjaannya, apa yang dia kerjakan dan bekerja dengan memiliki tujuan serta hasil harian, mingguan, bulanan, atau tahunan yang dicapai kemudian melaporkannya tepat waktu,” ujar Kaharuddin.

Untuk diketahui, kegiatan Workshop tersebut, diikuti para Kepala OPD, Staf Ahli Bupati Paser, para Asisten Sekretariat Daerah, hingga Sekda Paser Katsul Wijaya. Pemprov Kaltim pada kegiatan itu, menghadirkan narasumber dari Biro Organisasi. (kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.