Rentan Terserang Penyakit di Musim Pancaroba, Dinkes Paser Minta Masyarakat Waspada

513

SOROT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, himbau masyarakat mewaspadai penyakit yang rentan terjadi di musim pancaroba, serta diminta menjaga pola hidup sehat, bersih, dan beristirahat cukup.

“Pergantian musim ini, dari kemarau kepenghujan masyarakat harus selalu menjaga pola hidup sehat dan istirahat yang cukup,” kata Kepala Dinkes Paser Amir Faisol di Tanah Grogot, Kamis (14/11/19).

Saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan kata Amir, masyarakat rentan terserang penyakit dikarenakan menurunnya daya tahan tubuh. Seperti penyakit influenza dan gangguan pencernaan.

Dikatakan, penyakit yang kadang muncul saat pancaroba disebabkan oleh virus, sehingga masyarakat harus sigap dalam penanganan penyakit. Termasuk juga mewaspadai Demam Berdarah Dengue (DBD).

Di musim hujan kata dia, memungkinkan adanya genangan air yang menjadi sarang nyamuk aedes aegypti, sehingga masyarakat diimbau untuk selalu melaksanaka 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup dan menimbun benda yang dapat menampung air hujan.

Selain itu, masyarakat juga diminta segera mendatangi puskesmas terdekat bila mengalami demam tinggi lebih dari 3 hari, agar mendapatkan penanganan yang cepat, karena ada kemungkinan itu gejala DBD. (kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.