Kampung Toga Diresmikan, Pernah Juara Berkat Program Kampung Tanpa Kumuh Dari DPKP2 Paser

415

SOROT – Kampung Taman Obat Keluarga atau Kampung Toga di RT 02 Desa Senaken Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur diresmikan, Jumat (06/03/2020).

Peresmian dilakukan Kepada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKP2) Kabupaten Paser M. Fauzy dengan ditandai pemotongan pita.

Acara tersebut disaksikan Kepala Desa Senaken Bambang Supriyadi, Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Paser Harjana dan warga setempat.

Kampung Toga Ini kata Fauzy, merupakan bagian dari program KotaKu atau kota tanpa kumuh, dan termasuk Kampung Toga yang pertama diresmikan.

Dikatakan, warga Kampung Toga di Senaken secara bergoyang royong menanam tanaman obat-obatan seperti jahe, lengkuas dan serai.

“Mereka juga secara swadaya dengan bantuan DPKP2, menata dan memelihara pemukiman yang sebelumnya kumuh menjadi lebih bersih dan asri,” kata Fauzy.

Sementara itu Kepala Desa Senaken Bambang Supriyadi mengaku kalau RT 02 Desa Senaken sebelumnya merupakan kampung yang kumuh, namun pada tahun 2019, RT 02 menjadi juara lomba kebersihan.

Diakui, predikat juara itu di sandang salah satunya berkat adanya dukungan bantuan dari program kampung tanpa kumuh dari DPKP2 Paser. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.