Mulai Diterapkan, Masuk Wilayah Paser Cek Suhu Tubuh

182

SOROT – Juru bicara (jubir) virus Corona COVID-19 Kabupaten Paser, Amir Faisol mengatakan, gugus tugas akan melakukan pengukuran suhu tubuh ditiga pintu gerbang masuk Kabupaten Paser, Kaltim, Pada Jumat (3/4/2020).

“Gugus tugas Kabupaten Paser hari ini atau besok melakukan pengukuran suhu tubuh ditiga pintu masuk Paser, yaitu Kecamatan Long Kali, Muara Koman dan Batu Engau,” kata Amir, Kamis (2/4/2020).

“Informasinya yang saya dengar ditiga lokasi itu, yang pasti Batu Engau akan memulai Besok, saya belum dengar info dari Long Kali dan Muara Koman, mudah-mudahan besok sudah mulai semua,” tambahnya.

Terkait pengecekan suhu tubuh, Amir menjelaskan, sebagaimana ketahui jumlah orang yang masuk ke Kabupaten Paser dalam dua pekan terakhir semakin banyak, sehingga potensi menjadi orang dalam pemantauan (ODP).

“Yang masuk ke Kabupaten Paser dalam Minggu-minggu ini termasuk mahasiswa yang belajar diluar semakin banyak, sehingga potensi orang menjadi ODP pun semakin besar,” terangnya.

Untuk itu Amir menghimbau kepada warga yang datang di Kabupaten Paser agar melapor ke puskesmas setempat baik sakit atau tidak, ini untuk memudahkan petugas puskesmas untuk lebih berhati-hati.

Kegiatan lain untuk mencegah dan mengantisipasi COVID-19, pihak puskesmas juga melakukan tes cepat atau (rapid test) kepada seluruh OPD yang paling dicurigai, khususnya ODP klaster Gowa atau peserta Ijtima.

“41 orang yang ikut Ijtima itu semuanya sudah kita masukkan menjadi ODP, dan ini juga beberapa dari mereka masuk dalam pemantauan yang ketat,” ucapnya.

Sementara itu kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), menyambut positif terhadap keterlibatan komponen masyarakat dalam pencegahan virus Corona.

“Kita menyambut baik sukarelawan yang menjadi relawan dalam pencegahan virus Corona ini, mulai dari mengedukasi masyarakat sampai melakukan pengumuman penyuluhan kepada warga,

“Ini tentu menjadi kebersamaan yang sangat baik. Kunci daripada pencegahan dan penanggulangan virus Corona ini ada pada kebersamaan kita semua,” sambungnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.