Dua Pekan Tidak Ada Positif, Corona di Paser Landai

137

SOROT – Ada tren penurunan kasus virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, dua pekan terakhir tercatat tidak ada penambahan terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu.

“Dua Minggu terakhir ini Alhamdulillah tidak terjadi penambahan positif COVID-19,” kata Amir Faisol Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser, dalam konferensi pers, Kamis (28/5/2020) di Tanah Grogot.

Hingga saat ini kata Amir, total terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 15 orang, dari angka itu 5 diantaranya dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan. Sisanya 10 orang, masih dirawat diruang isolasi RSUD Panglima Sebaya.

“Kemarin 10 orang ini sudah dilakukan swab konfirmasi untuk menentukan syarat seorang PDP dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab dua kali negatif dan beruntun atau berturut-turut,” ujarnya.

Tren penurunan juga terlihat saat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser menerima puluhan hasil swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya yang semuanya negatif.

“Lebaran pertama kita mendapatkan hasil swab sebanyak 27 dan semuanya negatif, rinciannya 6 dari petugas kesehatan, 5 dari petugas keamanan dan sisanya Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang dikarantina,” ujarnya.

“Sehingga waktu lebaran pertama kita memulangkan banyak ODP dari tempat karantina, sekitar 17 ODP yang kita pulangkan,” sambungnya.

Selain itu jubir juga mengatakan, hari ini, Kamis (28/5) pihaknya juga mencatat jumlah ODP hanya 7 orang, dan jumlah ini jauh lebih kecil dibanding beberapa hari yang lalu, yang bisa menembus angka 45 ODP.

“Kita sempat mengkarantina sebanyak 45 orang, tapi hari ini hanya 7 orang, Ini tentu menunjukkan grafik yang melandai untuk Kabupaten Paser,” ungkapnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.