Enam Desa dan Satu Kelurahan di Long Kali Terendam Banjir, Adang 2 Terisolir

SOROT – Pemilik akun Facebook Bpbd Paser Tanah Grogot, Sabtu (9/12/17) pukul 21.41 menulis dan mengunggah foto-foto banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, Kaltim.

Dalam tulisan itu dijelaskan, pada hari Sabtu Tanggal, 9 Desember 2017 sampai pukul 18.25 Wita, Lokasi Kejadian atau titik koordinat bencana banjir meliputi enam desa dan satu kelurahan di Kecamatan Long kali.

Desa yang terkena banjir yakni Bente Tualan, Mendik, Sebakung, Sebakung Makmur, Adang 2, Muara Pias dan Kelurahan Long Kali. Sebagian warga dari desa itu terpaksa diungsikan ketempat yang lebih aman.

Jumlah yang diungsikan masing-masing 22 KK di Desa Sebakung Makmur, 27 KK di Bente Tualan dan 20 KK di Desa Adang 2. Akibat banjir petani harus stop panen sawit, palawija dan sayuran.

Tak hanya itu, banjir juga merendam 100 hektar sawah di Seburung Desa Sebakung. Termasuk tanaman sayuran siap panen seluas 20 hektar juga terendam di Desa Sebakung makmur.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun banjir karena luapan sungai Telake itu, membuat 107 KK warga Desa Adang 2 terisolir karena akses sulit dilalui.

Akun yang mengunggah sembilan foto itu, terlihat ketinggian air selutut orang dewasa, foto lain, beberapa rumah dan kawasan pemukiman juga terlihat terendam air.

Dalam kolom komentar pemilik akun Amriyan menulis, Terimakasih informasinya,semoga semuanya baik petugas maupun warga selalu dalam lindungan Allah SWT..Aamiin. Insya Allah besok kami meluncur ke TKP.

Untuk diketahui, ada beberapa yang memberikan bantuan terhadap bencana itu seperti, PT. Fajar Surya Swadaya membantu sembako untuk Desa Bente Tualan.

Bantuan juga datang dari Hj. Amelia Rika anggota DPRD Paser, dan H. Andi Faisyal anggota DPRD Kaltim berupa sembako. Termasuk atas nama warga Long Kali juga membantu 12 rak telor. (rsd)

admin1:

This website uses cookies.