Astaga…!! Gedung SDN 012 Muara Komam Tidak Layak Pakai

SOROT – Gedung SDN 012 Desa Swan Slotung, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kaltim sangat memprihatinkan. Beberapa bagian gedung sekolah itu mengalami kerusakan.

Kondisi itu pun dikeluhkan Supana, Kepala SDN 012 kepada Camat Muara Komam, Abdul Rasyid saat melakukan kunjungan kerja bersama stafnya, Jumat (26/1/18) ke sekolah yang berjarak 50 kilometer dari Ibukota Kecamatan Muara Komam.

“Waktu kami kunjungan ke SDN 012 di Desa Swan Slotung, bapak Supana mengeluhkan beberapa bangunan sekolah yang rusak. Keluhan itu akan kami sampaikan ke instansi terkait,” kata Rasyid.

Menurut Rasyid, tiga dari tujuh ruang kelas di sekolah itu dinilai sudah tidak layak pakai. Beberapa plafon ruang kelas rusak, ditambah bagian jendela tak memiliki kaca.

Tak hanya itu, kerusakan juga ada pada atap, di salah satu ruang kelas terdapat atap yang bolong, sehingga cahaya matahari atau air hujan bebas masuk ke ruang kelas sekolah yang dibangun sejak tahun 90an tersebut.

“Dengan kondisi seperti itu, pihak sekolah menginginkan adanya perbaikan ruang kelas karena sudah tidak layak pakai, sehingga siswa bisa belajar dengan nyaman,” ujar Rasyid.

Selain mengeluhkan kerusakan beberapa bagian ruang kelas, pihak sekolah juga kata Rasyid, mengusulkan mess atau rumah dinas guru, mengingat jarak tempuh yang jauh ditambah kondisi jalan rusak menghambat para guru menuju ke sekolah.

“Jarak sekolah sangat jauh, berkisar 50 kilometer dari ibukota kecamatan, ditambah jalannya rusak, jadi waktu tempuh sampai 3-4 jam, tidak memungkinkan para guru pulang-pergi mengajar,” ucapnya.

Meski di tengah keluhan kondisi, camat menaruh rasa bangga atas semangat para pendidik mengajar di SDN 012. “Walaupun bangunannya rusak dan tidak layak pakai, tapi saya bangga dengan semangat para guru kita mengajar generasi bangsa ini,” tutupnya. (rsd)

admin1:

This website uses cookies.