Hotel Kyriad Sadurangas Termasuk Kategori Sehat

SOROT – Manajemen PT Kyriad Hotel Indonesia (KHI) yang diwakili Prasetyo Waseso mengatakan, dari ratusan hotel Kyriad yang dikelolanya, Hotel Kyriad Sadurangas termasuk kategori sehat dalam hal keuangan, maupun dalam hal kerja sama  Pemkab selaku pemilik aset.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat evaluasi Hotel Kyriad Sadurangas dengan Pemkab Paser, di Ruang Rapat Sekda, Jumat (3/8/18), Tanah Grogot.  Prasetyo menjelaskan, ada peningkatan hunian dari 2016 ke 2017, yang tentunya berdampak pada pemasukan hotel itu, meski belum signifikan.

“Namanya baru mulai operasi, tentu kami siap untuk berkorban terlebih dahulu. Ketika kami ambil alih manajemen pada 2016, saya kira saldo kosong, tapi ternyata ada hutang yang harus kami bayar. Namun itu kami anggap sebagai konsekuensi. Perlahan kami benahi sampai bisa seperti saat ini,” papar Prasetyo.

Meski hasilnya belum terlalu memuaskan, Prasetyo mengaku bisa memaklumi, karena kondisi perhotelan sangat dipengaruhi dengan kondisi perekonomian di suatu daerah.

“Jika tren dua tahun terakhir bisa dipertahankan maka dalam beberapa tahun ke depan akan kelihatan hasil optimal yang bisa dicapai,” kata Prasetyo optimistis.

Sementara itu, Ale Mahrus dari manajemen Kyriad Sadurangas Hotel juga menjelaskan beberapa kondisi teknis di hotel, seperti daya listrik pada awalnya hanya mampu untuk mencover maksimal 20 kamar, sehingga pihaknya harus menyediakan genset.

Selain itu, ia juga menyinggung penampakan hotel yang tidak lagi kumuh, karena sebelumnya ada yang menyebut hotel tersebut dijalari semak belukar di sisi kiri, kanan, depan dan belakang.

“Kami sudah melakukan pembersihan di sekeliling hotel, dan kini terlihat bersih,” kata Ale.

Terkait suara yang disebut mengganggu masyarakat sekitar, Ale memastikan kalau itu bukan berasal dari hotel yang dikelolanya.

“Ruang karaoke dan ballroom itu menggunakan peredam suara. Di samping itu kami sudah mencoba beberapa kali mengetes suara keluar dengan menggunakan pengeras suara di semua bagian hotel, ternyata tidak ada suara yang keluar,” pungkasnya. (*/rsd)

admin1:

This website uses cookies.