Sembilan Tahun Menjabat, Pisah sambut Kepala DPMD Paser Teteskan Air Mata

SOROT – Pisah sambut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya (pejabat lama) dengan Hulaimi (pejabat baru), Rabu (15/8/18) berlangsung di Hotel Kyriad Sadurangas, kilometer 5 Tanah Grogot.

Acara yang difasilitasi kepala desa tersebut, dihadiri Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Sekda AS Fathur Rahman, Ketua Tim Penggerak PKK Paser Hj Mutiarni Yusriansyah, Wakil Ketua PKK Hj Siti Hafsah Mardikansyah dan para kepala desa.

Selain itu juga hadir, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Paser dan puluhan pegawai DPMD Paser serta tamu undangan, menyaksikan pisah sambut tersebut.

Pada kesempatan itu, Katsul Wijaya yang dikenal ramah oleh masyarakat dalam sambutannya mengatakan, dirinya sempat bertugas di DPMD Paser selama 9 tahun, saat awal bertugas dinas tersebut masih berstatus Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Seiring berjalannya waktu, PMD lalu berubah menjadi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD). Kemudian BPMPD kembali berubah menjadi DPMD.

“Saya di PMD 9 tahun 7 bulan 7 hari, mulai dari status kantor, badan dan dinas. Dan sekarang saya mengemban tugas baru sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Paser,” kata Katsul.

Menurutnya kegiatan pisah sambut tersebut bukan sekedar seremonial, tapi juga ada penyerahan dokumen sebagai pedoman terkait program kegiatan baik yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang dilaksanakan.

“Di acara ini kita ingin beberapa program kegiatan PMD yang sudah kita laksanakan maupun yang sedang kita laksanakan perlu ada penyerahan dokumen. Supaya bisa menjadi pedoman pegangan terhadap kepala dinas yang baru,” ujarnya.

“Makanya di acara ini bukan hanya sekedar seremonial, tapi ada penandatanganan penyerahan tugas dan dokumen yang nantinya menjadi bahan kepada kepala dinas yang baru untuk melanjutkan tugasnya,” sambungnya.

Saat di BPMD, Katsul mengaku banyak dibantu oleh pegawainya, ia tak mau melupakan begitu saja jasa-jasa mereka. Lewat acara pisah sambut tersebut, para pegawai yang pernah mengabdi di DPMD, baik yang sudah pindah ke dinas lain maupun yang pensiun tetap diundang.

“Selama menjabat disini saya juga dibantu teman-teman, makanya yang sudah pindah di dinas lain maupun yang sudah pensiun kami undang dalam acara ini, sekalian sebagai ajang silaturahmi,” terangnya.

Di detik-detik terakhir sambutannya, dari raut wajah terpancar kesedihan, hinggga akhir Katsul meneteskan air mata.

“Kalau dilihat sedih ya sedih memang, kayak apa kalau sudah menjadi darah daging di PMD ini, sudah sembilan tahun tugas di sini. Ya syukurnya saya di pindah ke asisten ada satu kasubag ada hubungannya dengan PMD,” ujarnya.

Sambutan juga disampaikan oleh Sekda AS Fathur Rahman dan Hulaimi Kepala DPMD Paser yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Paser.

Usai memberikan sambutan dilanjutkan dengan penandatanganan penyerahan dokumen, pemberian cenderamata kepada Katsul Wijaya dan foto bersama. (rsd)

admin1:

This website uses cookies.