Bupati Paser tinjau tes CPNS, Peserta Diharap Bisa Menjawab dengan Baik

SOROT – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi meninjau pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Paser, Sabtu (10/11/18).

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Aji Sayid Fathur Rahman, Asisten Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Paser Arief Rahman, dan Plt Kepala Dinas Kominfostaper Bambang Abdul Kholiq, Yusriansyah berharap pelaksanaan tes CPNS dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan.

“Semoga pelaksanaan tes CPNS yang dilaksanakan selama beberapa hari kedepan ini berjalan lancar tanpa ada hambatan. Kami juga berharap peserta tes CPNS ini bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik,” kata Yusriansyah.

Tes CPNS di Kabupaten Paser itu sendiri, diikuti 1.512 peserta. Pada tahap awal, mereka akan menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan metode Computer Assited Test (CAT) secara online.

Dalam tes ini peserta harus menjawab 100 pertanyaan. Pertanyaan tersebut terdiri dari 3 kategori yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta paling tidak harus memenuhi point minimal passing grade atau ambang batas yang telah ditentukan di setiap kategori tersebut. Untuk TWK nilai minimal yang harus terpenuhi yaitu 75 point, TIU 80 point, dan TKP 143 point.

Begitu selektif dan ketatnya tes CPNS saat ini menurut Sekda Paser Aji Sayid Fathur Rahman merupakan upaya pemerintah untuk memperoleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas ditengah meningkatnya tantangan bangsa pada era dunia persaingan bebas.

“Tantangan bangsa dari tahun ketahun meningkat, sementara daya saing ditentukan birokrasi. Kalau birokrasi kita baik, bisa berinovasi, memilkiki karakter yang cukup, maka daya saing negara pun baik. Sehingga kita perlu tes CPNS yang mampu mendukung itu,” kata Fathur Rahman.

Seleksi CPNS yang diikuti ribuan peserta ini diperkirakan akan dilaksanakan hingga Kamis (15/11). Tes ini dibagi menjadi beberapa sesi di mana setiap sesinya diikuti 50 peserta.

Kepala BKPP Kabupaten Paser H. Untung mengatakan bagi peserta yang lolos SKD ini akan mengikuti seleksi selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) . Ia berharap seleksi tersebut dapat memenuhi kuota CPNS di Paser yang berjumlah sekitar 177 orang.

“Nanti setelah ini bagi yang lulus ada seleksi lagi. Kami harapkan yang lolos seleksi ini adalah CPNS terbaik yang dapat mengisi formasi 177 yang telah disediakan,” ujar Untung.

Salah satu peserta tes CPNS, Dwi yang juga honorer di Bagian Kesra Setda Paser, mengaku cukup kesulitan menjawab pertanyaan. Menurutnya banyak pertanyaan yang tidak diperkirakan keluar pada saat tes.

“Saya kira yang keluar itu Undang-undang pada pertanyaan TWK, ternyata soanya cuma penalaran. Di pertanyaan TKP yang banyak mengecoh, karena semua pilihan jawabannya hampir sama. Kalau di pertanyaan TIU itu banyak pertanyaan hitung-hitungan dan logika,” ujar Dwi. (*/kfp)

admin1:

This website uses cookies.