Bupati Harap TPAKD Dapat Menjawab Tantangan Kabupaten Paser Sebagai Mitra Strategis IKN

1180

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Paser di Mini Ballroom Long Ikis Hotel Kryad Sadurengas, Rabu (31/7/2024).

Dalam acara yang dihadiri sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, Bupati mengucapkan selamat atas dikukuhkannya TPAKD Kabupaten Paser.

Fahmi berharap TPAKD dapat mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Paser yang lebih merata, partisipatif dan inklusif di Bumi Daya Taka.

Dikatakan TPAKD Kabupaten Paser dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 100.3.3.2/KEP-452/2024 tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah.

Hal ini merupakan bentuk sinergi berbagai elemen pemangku kepentingan terdiri dari unsur Pemerintah Daerah, Regulator, Lembaga Jasa Keuangan, Akademisi, dan Asosiasi Pelaku Usaha.

“Ini bertujuan bagaimana memperluas dan mempermudah akses masyarakat terhadap keuangan di daerah,” kata Bupati Fahmi dalam sambutannya.

Hadirnya TPAKD di Kabupaten Paser kata Fahmi Fahmi diharapkan agar tim yang sudah dibentuk dapat menjawab tantangan Kabupaten Paser Sebagai Mitra Strategis Ibu Kota Nusantara (IKN).

”Tentunya jika IKN sudah beroperasi sepenuhnya di Kalimantan Timur, pasti akan memberikan dampak yang luar biasa, baik lonjakan populasi, ketersediaan pangan dan inflasi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu,” ucapnya.

Menurutnya dengan kesiapan yang matang, kehadiran IKN akan membawa berkah untuk Kabupaten Paser.

“Oleh karenanya diharapkan TPAKD menjadi solusi dalam mengatasi berbagai persoalan tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing,” terangnya.

Selain itu Bupati juga memberikan apresiasi kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan inisiator dibentuknya TPAKD dan berharap OJK dapat terus bersinergi.

“Kita harap OJK memberikan dukungan baik melalui koordinasi maupun pendampingan agar apa yang menjadi harapan terbentuknya tim ini dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pengukuhan itu dirangkai dengan penukaran cenderamata antara Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dengan Kepala OJK Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Parjiman. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.