Persiapan Porprov Kaltim ke-VIII Tahun 2026, Sirkuit Balap di Paser Pembangunannya Berjalan Lancar

131

SOROTONLINE.COM – Progres pembangunan sirkuit balap di sekitar GOR Sadurengas, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim berjalan lancar.

Sirkuit tersebut akan digunakan untuk Porprov Kaltim ke-VIII tahun 2026, mengingat, Paser akan menjadi tuan rumah dalam ajang olahraga empat tahunan di Benua Etam.

Wakil Ketua sementara DPRD Paser, Zulkifli Kaharuddin menyatakan bahwa pembangunan sirkuit balap telah mencapai tahap pematangan jalur balap, yang berarti lintasannya sudah dalam keadaan diperkeras.

“Untuk lintasannya yang jelas hampir separuh sudah teragregat,” kata Zulkifli, saat ditemui di Kantor DPRD Paser, Senin (7/10/2024).

Zulkahar sapaan hari-harinya menuturkan, untuk 2026 nanti kemungkinan belum full desain. Namun, mengenai trek lintasan telah terkover pada anggaran tahun 2025.

Meskipun belum sepenuhnya direncanakan hingga tahun 2026, namun dia memastikan bahwa acara balap motor untuk Porprov Kaltim tetap akan berlangsung. Dia juga sudah bertemu dan berkomunikasi dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser.

“Informasi dari Disporapar anggaran untuk pengaspalan sudah masuk pada 2025,” sebut Politisi Partai Golkar itu.

Akhir pekan lalu, Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kaltim telah meninjau progres pengerjaan sirkuit balap yang memiliki panjang 1,5 kilometer dengan jarak trek lurus terpanjang sekitar 400 meter.

“Kunjungan IMI Kaltim pada dasarnya kami membahas persiapan Porprov, mulai masalah regulasi dan kelas-kelas yang dilombakan,” jelas Zulkahar yang juga mantap pebalap Kabupaten Paser.

Saat kunjungan, IMI Kaltim mengungkapkan harapan untuk Kabupaten Paser. Mengusahakan agar Kejuaraan Nasional balap motor (Kejurnas) diselenggarakan di Sirkuit Desa Tapis. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.