Laka Lantas di Paser Peringkat 4 se Kaltim, Fatalitas Korban Meninggal No 1

801

SOROT – Kasat Lantas Polres Paser AKP Syarifah Nurhuda, S.I.K membeberkan peringkat laka lantas di wilayah Kabupaten Paser, Kaltim, Senin (18/12/17) kepada Wartawan.

Menurutnya, laka lantas di Paser tahun 2017 sampai dengan bulan November menduduki peringkat ke empat se Kaltim, dengan fatalitas peringkat satu jumlah korban meninggal dunia.

“Kalau rekan-rekan (wartawan) bikin artikel atau berita saya mau titip ini, jadi laka lantas di Paser itu menduduki peringkat 4 se Kaltim dengan korban fatalitas no 1,” kata Syarifah.

“Tadi pagi masih ada satu orang meninggal akibat laka lantas di Kerang. Artinya sampai bulan Desember ini ada 47 meninggal dunia karena laka lantas,” sambungnya.

Kebanyakan pengendara kata mantan Kapolsek Balikpapan Selatan itu, seperti lengah saat mendahului, lalai saat berpindah jalur, melebihi batas kecepatan, rem blong, dan melawan arus. Korban laka semakin fatal karena korban tidak memakai helm SNI.

“Makanya untuk pengendara roda dua perlu pakai helm dengan benar dan menyalakan lampu di siang hari. Karena kalau lampu menyala setidaknya mengganggu perhatian pengendara mobil,” ucap lulusan Akpol 2008 itu.

Dikatakan, faktor penyebab kecelakaan lalu lintas ada empat, yakni faktor alam (cuaca), kendaraan, manusia (human error) dan faktor jalan. Oleh karena itu, beberapa hari ini dilakukan penilangan kepada truk yang bermuatan berlebihan.

Untuk menekan angka laka lantas dan fatalitas, Sat Lantas Paser terus melakukan upaya-upaya baik itu preemtif berupa sosialisasi atau himbauan, preventif dan penegakkan hukum.

“Kami sedang gencar-gencarnya melakukan Penilangan kepada pelanggar terutamanya yang berpotensi terhadap terjadinya laka lantas. Untuk itu pengendara supaya peduli dengan keselamatannya sendiri dan orang lain,” pungkasnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.