Target 200 KK, Pemkab Paser Selesaikan Program Trasmigrasi Tahap Pertama

480

SOROT – Program Trasmigrasi tahap pertama di Desa Keladen Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur sudah terealisasi.

Hal tersebut disampaikan Kapala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Paser, Sancoyo, Melalui Kasi Penyiapan Pemukiman dan Penempatan Transmigran, Supangat.

“Untuk transmigrasi tahap satu sudah trealisasi dan sudah ditempati,” kata Supangat, Selasa (10/3/2020) di Tanah Grogot.

Penempatan tranmigran tahap pertama di Desa keladen itu kata Supangat, sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK), terdiri dari 20 KK penduduk lokal dan 20 KK dari luar daerah.

“Pelaksanaan tahap satu ini di 2018-2019 sebanyak 40 KK. Kemudian dilanjut tahap kedua sebanyak 50 KK di tahun ini (2020),” ucapnya.

Adapun penempatan tahap kedua itu kata dia juga berada di Desa Keladen, terdiri dari 30 KK penduduk lokal dan 20 KK dari luar daerah.

“Tahap kedua direncanakan penempatannya di bulan Oktober sampai November 2020 ini, sambil menyesuaikan tahap pembangunan rumah untuk 50 KK tersebut,” terangnya.

Dikatakan, untuk lahan satu KK mendapatkan 2 hektar, terdiri dari lahan pekarangan (LP) 0,25 hektar, lahan usaha (LU) satu 0,75 hektar dan LU dua 1 hektar.

“Setiap KK mendapat 3 sertifikat tanah. lahan itu disedikan daerah berkoordinasi dengan desa sesuai SK bupati,” ucapnya.

Sedangkan untuk ukuran rumah yakni memiliki type 36. Selain rumah dilokasi itu juga dibangun rumah ibadah dan gedung sekolah.

“Rumah tahap pertama itu seluruhnya berbahan kayu, tapi kalau tahap kedua ini lantainya cor dindingnya sebagian papan, semi permanen gitu,” ungkapnya.

Untuk pembiayaan kegiatan tersebut kata Supangat, bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Paser dengan target pencapaian 200 KK.

“Targetnya kedepan 200 KK dilokasi itu, dan semoga bisa terealisasi semua pada tahun 2023,” harapnya.

Supangat juga menjelaskan, selain memberikan bantuan jaminan hidup selama 1 tahun, pemerintah juga memberikan pembinaan pada warga dilokasi baru itu.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser juga memberikan pembinaan seperti bidang pertanian, kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan dan keagamaan,” pungkasnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.