Cegah COVID-19, Fasilitas Umum di Tanah Grogot Disemprot Disinfektan

265

SOROT – Sehubungan diterbitkannya surat keputusan Bupati Paser Nomor 360 / KEP-238/2020 Tanggal 20 Maret 2020 tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan penyakit corona 2019 (COVID-19) Tahun 2020.

Sebagai tindak lanjut keputusan tersebut, pada Kamis (26/3/2020) dilaksanakan pelepasan petugas lapangan penanganan virus Corona (COVID-19) di Kodim 0904/TNG, jalan Noto Sunardi Tanah Grogot, Kaltim.

Dalam acara pelepasan tersebut, Dandim 0904/TNG Letkol (Czi) Widya Wijanarko bersama Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Paser Edward Effendi, menyerahkan secara simbolis alat semprot (Sprayer) dan masker kepada petugas lapangan penanganan COVID-19.

Menurut Edward Effendi, petugas tersebut melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di Ibukota Kabupaten Paser (Tanah Grogot), selama tiga hari kedepan dan sudah mempersiapkan cairan disinfektan yang cukup.

“Tidak usa khawatir karena pemerintah daerah siap membiayainya, Insyaallah itu bisa tercapai, dan untuk sementara ini disiapkan 500 liter aja, sasaran penyemprotan sekolah, rumah ibadah dan fasilitas umum,” kata Edward.

Adapun jumlah armada yang digunakan sebanyak sembilan unit dengan menerjunkan 60 personil gabungan dari Kodim 0904/TNG, Polres Paser, BPBD, Manggala Agni dan Pemadam Kebakaran.

Sedangkan untuk penyemprotan wilayah kecamatan kata dia, masih menunggu pengiriman cairan disinfektan dari Jakarta, namun diperkirakan sekitar hari Selasa mendatang sudah bisa dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Sementara itu, Dandim 0904/TNG Letkol (Czi) Widya Wijanarko mengatakan, dari tanggal 26 sampai 28 Maret 2020, secara serentak di Kodim seluruh Indonesia melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan.

“Ini sudah merupakan instruksi komando atas, dari tanggal 26, 27 dan 28 secara serentak, kodim-kodim juga melaksanakan disinfektan dengan stakeholder yang lain, seperti BPBD dan Polres, kita sama-sama memerangi virus Corona ini secara aktif kepada masyarakat,” jelas Widya.

Mulai hari ini kita langsung masuk ke kedudukan, tidak usa terlalu lama berkumpul, seperti kita masuk ke kedudukan sekolah, Pasar, tempat-tempat yang mengundang keramaian itulah tempat sasaran utama kita,” tambahnya.

Kodim 0904/TNG kata Widya mengerahkan 100 personil dalam penanganan pencegahan virus Corona melalui penyemprotan cairan disinfektan.

“Kita terbagi delapan Koramil dengan Makodim sini, berarti sembilan titik secara serentak dilakukan penyemprotan disinfektan,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, petugas terlihat berjibaku melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat fasilitas umum maupun rumah ibadah.

Bahkan Dandim 0904/TNG Letkol (Czi) Widya Wijanarko bersama Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Paser Edward Effendi melakukan langsung penyemprotan saat berada di Mesjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.