Atasi Banjir, Zulkifli Kaharuddin: Pada Intinya, Sistem Drainase Dulu yang Diperbaiki

39

SOROTONLINE.COM – Banjir masih menjadi ancaman bagi penduduk Kabupaten Paser. Wilayah yang sering terdampak antara lain Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pangeran Menteri, yang terletak di Kelurahan Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot.

Wakil Ketua DPRD Paser, Zulkifli Kaharuddin, menyatakan bahwa sistem drainase di Kabupaten Paser masih memerlukan perhatian khusus agar tidak terus-menerus mengalami masalah, terutama sebagai langkah antisipasi ketika hujan turun.

“Banjir ini bukan masalah setahun dua tahun, tapi sudah belasan tahun,” kata Zulkifli Kaharuddin, Selasa (15/10/2024).

Masalah banjir di daerah Kota Tana Paser tergolong cukup rumit, menurutnya, disebabkan oleh peningkatan jumlah populasi serta sistem drainase yang masih belum memadai. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan banjir adalah dengan meningkatkan sistem saluran irigasi.

“Sistem drainase kita di Grogot ini perlu penanganan khusus, karena tersisa beberapa saja yang berfungsi. Jadi perlu ada resapan air, khusunya di daerah Jone,” tambah politisi Golkar itu.

Menurut Zoelkahar sapaan akrabnya, sekadar membangun saluran atau irigasi baru tidak akan cukup untuk mengatasi masalah banjir. Ia menegaskan bahwa pihak-pihak terkait perlu mencari akar penyebabnya agar dapat menangani isu tersebut secara efektif.

“Pada intinya, sistem drainase dulu yang diperbaiki kemudian mencari penyebab yang lainnya, baru cari solusi lain jika masih terjadi banjir,” ujarnya.

Selain itu, setiap Rukun Tetangga (RT) diminta untuk mendorong kegiatan pembersihan selokan yang terdapat di area mereka, karena aksi ini diperkirakan akan memberikan manfaat yang baik.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam menangani banjir di daerah,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.