Bambang: Media dan Masyarakat Agar Waspadai Hoax

678

SOROT – Pada momen Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh setiap tanggal 9 Februari, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser mengajak kepada media dan masyarakat untuk mewaspadai perederan hoax atau informasi bohong.

“Di HPN ini kami mengajak kepada media cetak, media online dan masyarakat agar mewaspadai hoax yang mudah beredar di sekitar kita,” kata Sektretaris DKISP Paser Bambang Abdul Kholiq di Tanah Grogot, Kamis (9/2/17).

Menurut Bambang, Hoax saat ini begitu cepat dan mudah tersebar melalui media sosial seperti facebook dan whatsapp dan lainnya. Sehingga masyarakat kerap terkecoh mana informasi benar dan mana hoax.

“Di sini pers memiliki peran yang penting. Karena dalam proses jurnalistik ada yang namanya konfirmasi, sehingga kebenaran berita tersebut bisa dipastikan valid,” kata Bambang.

Oleh karena itu kata Bambang, DKISP Paser, telah melakukan pendataan kepada media di wilayah Paser untuk memastikan bahwa pers yang terdata memang benar-benar melakukan kegiatan jurnalistik.

Hasilnya semua media melakukan kegiatan jurnalistik dan menyebarkan informasi seputar Paser,” ucapnya.

Bambang berharap, media dapat berperan dalam membasmi hoax. Begitu juga kepada masyarakat atau pengguna media sosial harus lebih teliti dan mencerna informasi yang diterima dengan melakukan cek dan ricek. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.