Adi Maulana: Peran SKPD Dalam Merealisasikan e-Government Sangat Penting

980

SOROT – Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Paser diminta berpartisipasi dalam merealisasikan pelayanan pemerintah berbasis elektronik (e-government).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Adi Maulana dalam rapat bersama SKPD di ruang rapat Sadurengas, Senin (13/3/17).

“Peran SKPD dalam merealisasikan e-government sangatlah penting. Mengingat pelayanan berbasis elektronik tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar, oleh karena itu perlu adanya sinergitas setiap SKPD untuk merealisasikannya,” kata Adi.

Penerapan e-government kata Adi, dapat mendokumentasi segala kegiatan dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dengan baik dan bahkan di masyarakat terutama para pegawai dalam bekerja sudah menerapkannya.

“Seperti peggunaan grup whatsapp dan media sosial lainnya, ini adalah salah satu contoh kecil penerapan e-government. Namun proses komunikasi dan pelayanan melalui grup whatsapp dan sejenisnya hanya milik provider ataupun perusahaan penyedia layanan,” kata Adi.

Dalam pertemuan itu, Adi juga meminta kepada seluruh SKPD melaporkan semua aplikasi dan website yang dimilikinya. Tujuannya agar nanti bisa diintegrasi dan disinergiskan oleh DKISP dengan SKPD yang lainnya.

“Dalam prakteknya, belum seluruh dinas menyampaikan aplikasi dan Web, oleh karena itu staf DKISP akan mendatangi SKPD untuk meminta aplikasi dan Webnya,” kata Adi.

Menurut Adi, tugas DKISP membantu SKPD dalam rangka merangkum segala aplikasi dan  memaksimalkan fungsinya. Sehingga jika sudah terkoneksi satu sama lain maka dapat menjadi daya dukung dalam pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kabupaten Paser. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.