Pertama Kali Digelar, Paser Tuan Rumah HKBN Kaltim

415

SOROT – Forum Komunikasi Penanggulangan Bencana Se Kalimantan Timur (Kaltim) akan menggelar Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) di Kabupaten Paser.

Ketua Forum Komunikasi Penenggulangan Bencana Kaltim, Edward Effendi mengatakan, Kabupaten Paser siap menjadi tuan rumah pelaksanaan HKBN Kaltim tahun 2018.

“Setelah terbentuknya forum beberapa waktu lalu, kebetulan Kabupaten Paser dipercaya untuk menjadi tuan rumah,” kata Edward, Selasa (27/2/18).

Kegiatan itu nantinya kata Edward, dilaksanakan selama empat hari, yakni dimulai pada 26 April mendatang, dan pesertanya dari 10 Kabupaten/kota di Kaltim.

“Acaranya dalam bentuk jambore, jadi seluruh peserta akan berkemah di satu lokasi yang telah ditentukan, ucapnya.

Selain berkemah, Seluruh peserta juga akan mengikuti apel besar memperingati HKBN pada hari pertama kegiatan, lalu dilanjutkan perlombaan antar regu.

“Regu dari setiap Kabupaten juga menyuguhkan atraksi penanggulangan bencana, termasuk Bakti Sosial (Baksos) dengan melibatkan SKPD untuk melakukan penghijauan,” ujarnya.

Setiap Kabupaten kata Edward, diminta mengirimkan 1 regu dan didampingi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Satu regu sekitar 14 orang, tetapi belum termasuk pendampingan dari anggota BPBD lainnya. Mereka datang 25 April dan mempersiapkan tendanya masing-masing,” paparnya.

“Jumlah peserta ada 11, terdiri dari 10 Kabupaten serta perwakilan provinsi Kaltim, sambungnya.

Terkait anggaran untuk kegiatan itu kata dia, hanya tersedia Rp 60 juta. Oleh karenanya Ia akan meminta partisipasi sejumlah perushaan untuk mensukseskan acara itu.

“Selain partisipasi, kita juga minta Perusahaan yang memiliki Tim Sar supaya bisa ikut serta dalam setiap kegiatan itu,” harapnya.

Sebagai tuan rumah kata Edward, selain mempersiapkan lokasi, pihaknya juga menyediakan kebutuhan peserta sehari-hari seperti air bersih serta konsumsi selama empat hari.

“Kami akan tetap menggunakan dapur umum untuk menekan biaya yang besar. Selain itu anggota BPBD juga lebih menyukai dapur umum ketimbang makanan kotakan, terangnya.

Mengenai pusat lokasi kegiatan pelaksanaan HKBN Kaltim, Edward belum bisa menentukan, namun sebagai bayangan pilihan, berlokasi di kilometer 5 jalan Kusuma Bangsa, Tanah Grogot.

“Kemungkinan besar lokasi di area Gentung Temiang kilometer 5 yang menjadi pilihan utamanya,” ucap Edward yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Paser. (*/ns)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.