Keren…!! Cegah Kenakalan Remaja, Gadis Cantik Ini Lakukan Sosialisasi

2051

SOROT- Meski sebagai juara tiga pada ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Paser 2018, Fitriyani ternyata sudah memiliki segudang pengalaman terkait kegiatan genre selama ini.

Sosialisasi program Genre dan Keluarga Berencana (KB) di kalangan remaja menjadi topik disaat dirinya terjun ke sekolah maupun ke kampung KB yang berada di beberapa desa di Paser.

Pemenang ke dua pemilihan duta genre 2017 lalu itu, menyampaikan sosialisasi diantaranya, bahaya terhadap kenakalan remaja, sek bebas, narkoba, pernikahan dini dan KB.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kenakalan remaja, wanita cantik itu mengajak kepada orangtua lebih waspada menjaga anak agar tak terjerumus terhadap hal negatif yang merusak masa depan.

“Untuk mencegah perbuatan negatif, peran orangtua sangat penting untuk lebih waspada menjaga anak-anak, walaupun sudah kuliah tetap harus dipantau, termasuk menanamkan nilai agama kepada anak,” kata Mahasiswa Widya Praja itu, Rabu (14/3/18) di Tanah Grogot.

Menurut dara kelahiran 15 oktober 1998 itu, jika anak remaja dibiarkan tanpa pengawasan dikhawatirkan bisa berbuat hal negatif seperti, terperangkap dalam narkoba, melakukan hubungan seksual dan berbagai kejahatan lainnya.

“Kalau tidak salah peredaran narkoba di Kaltim nomor dua se Indonesia, makanya perlu waspada, sedangkan yang terkena HIV/AIDS 2017 di Pasar, kalau tidak salah juga ada 9 orang. Untuk itu, lewat kegiatan Genre kita mau memberikan pengertian pada remaja,” ucap penyuka nasi goreng itu.

Selain persoalan kenakalan remaja kata Fitriyani, sosialisasi tentang pernikahan dini juga menjadi perhatian Genre, agar dikemudian hari tidak ada lagi menikah di usia muda.

“Di Paser, nikah muda usia 16 tahun itu banyak, padahal usia seperti itu masih harus sekolah. Kalau mau nikah, minimal perempuan 21 tahun dan laki-laki 25 tahun,” ucap penyuka warna pink dan hitam itu. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.