Tim Desk Pilkada Paser Gelar Rapat Koordinasi

611

SOROT – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kaltim, Tim Dukungan Elemen Satuan Kinerja (Desk) Pilkada Kabupaten Paser menggelar rapat koordinasi (rakor), Senin (2/4/18), di ruang rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser.

Rapat tersebut dihadiri sejumlah narasumber seperti, Ketua KPU Paser Eka Yusda Indrawan, Wakapolres Paser Kompol Mochammad Nur Azis, Lettu Ahmad Suhadi Pasi Intel Kodim 0904/TNG dan Plt Kantor Kesbangpol Arifin.

Selain itu, rapat koordinasi yang dipimpin Asisten Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Arief Rahman tersebut, juga dihadiri sejumlah kapolsek, danramil, camat, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Pada kesempatan itu, Asisten Umum Setda Paser Arief Rahman mengatakan rapat ini digelar sebagai wadah koordinasi dari setiap instansi terkait, yang tergabung dalam desk sebagai fasilitator dan pemantau terwujudnya penyelenggaraan pilkada damai dan aman.

“Tugas desk pilkada sebagai fasilitator dan pemantau tahapan pilkada agar pemilihan gubernur berjalan dengan aman dan damai,” kata Arief Rahman.

Menurut Arief Rahman, tugas tim Desk Pilkada bukanlah sebagai penyelenggara, namun sebagai penghubung dan pemantau dalam membantu penyelenggara pilkada.

“Jadi jika dalam penyelenggara pilkada ada persoalan, maka desk pilkada ini yang memfasilitasi dan menyampaikannya kepada Bupati Paser,” ujar Arief Rahman.

Arief Rahman juga berharap kepada ASN yang tergabung di desk pilkada ini dapat mensosialisasikan netralitas ASN dalam pilkada.

“ASN yang tergabung dalam tim ini juga berkewajiban mensosialisasikan netralitas ASN dalam Pilkada,” kata Arief.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Paser Eka Yusda Indrawan mengatakan, pihaknya tengah mengumpulkan daftar pemilih sementara (DPS) yang kemudian akan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Saat ini KPU tengah menghimpun daftar pemilih sementara sebelum ditentukan menjadi DPT,” kata Eka Yusda Indrawan.

Bahwa saat ini kata dia, ada peraturan baru yang mengatur bahwa pasangan calon tidak lagi dibatasi zona kampanye, sehingga hal itu menjadi tugas yang cukup besar agar penyelenggaraan pilkada tetap berjalan lancar.

Sementara itu, pihak Polres Paser maupun Kodim 0904/TNG didukung Satpol PP setempat, dalam rapat itu juga mengemukakan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, diantaranya koordinasi dan pemantauan ke sejumlah lokasi.

Polri dan TNI juga berkomitmen mengamankan Pilkada Provinsi Kaltim dan menjunjung tinggi netralitas.

“Polres siap memberikan pengamanan dalam Pilkada ini dengan dibantu personel Polsek dan menyatakan netral,” kata Waka Polres Paser Kompol Mochammad Nur Azis.

“Kodim 0904/TNG telah monitoring sejumlah wilayah yang memungkinkan adanya ancaman dan kerawanan,” kata Pasi Intel Kodim 0904/TNG Lettu CHB Ahmad Suhadi, mewakili Dandim Letkol Arh Ardian Patria Candra.

“Begitu pun pada hari H pencoblosan kami siap mengamankan dan berkomitmen Netral dalam Pilkada. Itu terlihat telah terpampang baliho netralitas TNI di lapangan prajurit,” sambungnya.

Sedangkan untuk Satpol PP, kata Bahrunsyah, Kabid Trantib dan Linmas Satpol PP Paser, pihaknya siap membantu Polri dan TNI dalam pengamanan.

“Ada 2000 lebih personel Linmas dan Satpol PP seluruh desa di Kabupaten Paser,” kata Bahrunsyah. (rsd/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.