PPWK Paser Akan Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar dan Perguruan Tinggi

769

SOROT – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kesbangpol Paser Arifin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Paser akan memberikan pendidikan wawasan kebangsaan ke sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Guna menanamkan jiwa kebangsaan dan cinta tanah air pada generasi muda.

Melalui Surat Keputusan Bupati Paser Nomor : 340/KEP-471/2017 tertanggal 31 Agustus 2017, kata Arifin, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi telah membentuk Pengurus Harian Penyelenggaraan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kabupaten Paser Masa Bhakti 2017-2021.

“PPWK ini yang akan memberikan pendidikan wawasan kebangsaan kepada para pelajar SMA dan Perguruan Tinggi. Dan ini mulai bekerja setelah dilantik Bupati,” kata Arifin usai rapat bersama pengurus PPWK di ruang rapat Sekda Paser, Senin (9/4/18).

Kepengurusan PPWK itu kata dia diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) dengan Wakil Ketua Kepala Kantor Kesbangpol, sedangkan Sekretaris yakni Kasi Kesatuan Bangsa.

Selanjutnya sebagai anggota dalam kepengurusan itu adalah Kepala Bappeda Paser, Dandim 0904/TNG, Kapolres Paser, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Partai Politik, Jurnalis, dan Tokoh Masyarakat.

Arifin menilai, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air pada generasi muda saat ini semakin kendur, sehingga cenderung bersikap dan bertindak tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan, bahkan berujung pada perilaku anarkis.

Sementara materi yang disampaikan dalam pendidikan wawasan kebangsaan ini yakni tentang Pancasila sebagai dasar negara, falsafah, ideologi, pandangan hidup bangsa dan pemersatu bangsa.

Selain itu materi tentang Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (kfp/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.