Pemusnahan BB Miras dan Sabu, Wakapolres Paser: Tidak Kita Jual

640

SOROT – Polres Paser menggelar acara pemusnahan Barang Bukti (BB) minuman keras (miras) dan narkoba jenis sabu-sabu, Senin (14/5/18) di gedung parkir Awa Patria Guna Polres Paser, Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim.

Sebelum dilakukan pemusnahan BB hasil operasi Polres Paser 2018, Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra diwakili Wakapolres Paser Kompol Muchamad Nur Azis memberikan sambutan dihadapan undangan.

Dalam sambutan Nur Azis, yang dihadiri unsur Muspida dan sejumlah perwira Polres Paser mengatakan, dalam kurun waktu selama dua bulan dilakukan Operasi Antik Mahakam I 2018 telah diamankan dan disita minuman keras dengan total 1400 botol berbagai jenis.

“Rinciannya 536 botol diamankan dari peminum, sedangkan yang di proses hukum sebanyak 13 laporan dengan 13 tersangka dan BB 864 botol,” kata Nur Azis.

“Kebetulan miras ini masuk Perda, diatas lima persen jadi kita limpahkan ke tipiring (tindak pidana ringan) di pengadilan,” sambungnya.

Adapun jumlah yang dimusnahkan kata Nur Azis sebanyak 536 botol miras yang didapat dari peminum, termasuk minuman tradisional jenis tuak dengan jumlah 265 liter juga turut dimusnahkan.

“Mudah-mudahan dengan adanya pemusnahan barang bukti ini masyarakat mengetahui, bahwa kita memang musnahkan, tidak kita jual atau apa?,” ucapnya.

Dikatakan, selain pemusnahan BB miras, Polres Paser juga melakukan pemusnahan BB narkoba yang ditemukan dalam peristiwa laka lantas meninggal dunia di Long Kali, sehingga penemuan narkoba tersebut tidak dapat diproses.

“Sebenarnya kasus narkoba inikan dilimpahkan di kejaksaan, tapi khusus yang ini kita sudah komunikasi dengan kejaksaan, kebetulan ini laka lantas yang meninggal di Long Kali,” ujarnya.

“Orangnya meninggal dunia jadi tidak bisa diproses, BB-nya 6 paket seberat 22 gram, jadi kita musnahkan sekalian, kejadiannya sekitar sebulan yang lalu,” tambahnya.

Usai sambutan, Wakapolres Paser bersama unsur Muspida melakukan pemecahan BB miras dengan cara melemparkan botol miras itu ke bucket alat berat sebagai tanda dimulainya memusnahan BB.

Perlahan bucket alat berat mulai bergerak memecahkan botol miras, air berwarna hitam kecoklatan mulai mengalir diatas terpal tempat BB tersebut diletakkan, aroma tak bersahabat pun langsung menusuk hidung.

Hanya butuh beberapa menit, BB miras berbagai jenis itu akhirnya musnah, tak ada lagi botol yang utuh, semua sudah hancur menjadi beling. Setelah itu, kemudian dilanjutkan dengan pemusnahan BB sabu-sabu dengan cara dilarutkan di air dalam toples. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.