Aparat Pantau Penghitungan Suara Pemilu dan Tempatkan Personel di KPU Paser

444

SOROT – Aparat keamanan TNI Polri di Paser Kalimantan Timur, pantau penghitungan suara di sejumlah kecamatan, diantaranya Kecamatan Muara Komam, Batu Sopang dan Kecamatan Pasir Belengkong, Sabtu (20/4/19).

“Sesuai perintah Danrem, TNI beserta Polri memantau proses tahapan pemilu, yang saat ini sedang tahap penghitungan suara di kecamatan,” kata Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko.

Menurut Wijanarko, sebelumnya, pihaknya juga sudah memantau proses penghitungan suara di tiga kecamatan lain pada Jumat (19/4) lalu, ketiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kuaro, Long Ikis dan Long Kali.

“Kami pastikan saat ini tahapan pemilu berjalan dengan jadwal yaitu penghitungan suara dari TPS di kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK,” kata Wijanarko.

Berdasarkan pantauan kata dia, kendala pada penyelenggaraan pemilu di Paser adalah cuaca, sehingga aparat harus sangat siaga mengamankan logistik atau surat suara sehingga tidak terjadi kerusakan.

“Kami harus ekstra pengamanan untuk logistik agar tidak rusak karena cuaca, hujan bisa saja merusak kotak dan surat suara, sehingga jangan sampaikan aparat juga disalahkan karena tidak mengawal,” kata Wijanarko.

Untuk pengamanan di Kabupaten, Wijanarko mengaku pihaknya bersama Polri sudah menyiapkan personel jaga di KPUD.

“Kami bersama Polres sudah siagakan personel jaga untuk mengamankan kantor KPU,” tegasnya.

Dikatakan, TNi dan Polri akan terus mengawal proses penghitungan suara hingga tingkat Kabupaten atau pleno yang dilakukan oleh KPUD.

“Kami akan terus kawal. Jadwalnya kan kalau selesai semua di kecaamatan, pleno di KPU Senin,” terangnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.