Sekda Paser Minta Satpol PP Berpartisipasi Menjaga Ketertiban Masyarakat

527

SOROT – Sekretaris Daerah (Sekda) Paser, Kalimantan Timur, Katsul Wijaya, meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat agar turut menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat yang ada di daerah itu. Hal itu ia sampaikan saat peringatan HUT ke-49 Satpol PP di Kantor Satpol PP Paser, Senin (22/4/19).

“Saya harap Satpol PP terus berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat. Sebagaimana peran tugas dan fungsi satpol yang dibentuk untuk menegakkan Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah dan menyelenggarakan keteritiban dan ketentraman dan ketertiban masyarakat,” kata Katsul di hadapan ratusan anggota Satpol PP.

Kegiatan yang diikuti anggota Satpol dari sejumlah kecamatan itu dihadiri Ketua DPRD Paser Kaharudin, Kepala Satpol PP Paser Heriansyah Idris dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Peringatan HUT ke-49 Satpol PP itu bersamaan dengan peringatan Hut ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan HUT ke-51 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Sejak ada perubahan status Satpol PP Paser dari kantor menjadi Dinas, Satpol PP Paser diakui Katsul banyak mengalami peningkatan, khususnya dalam mengawal dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda).

“Banyak peningkatan sejak menjadi Dinas. Seperti aktif dalam koordinasi dengan OPD, melakukan pembinaan, penertiban pedagang liar, kegiatan perlindungan masyarakat, hingga penertiban kegiatan asusila di masyarakat,” kata Katsul.

Katsul melanjutkan, selain menegakkan Perda, Satpol PP melalui Satuan Linmas yang dimiliknya, juga memiliki peran untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu. Yaitu turut membantu aparat keamanan dalam menjaga ketertiban umum.

“Saya apresiasi, peran Linmas yang turut menyukseskan pemilu hingga berjalan lancar dan aman. Begitu juga peran petugas Damkar, yang siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencara kebakaran,” pungkas Katsul. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.