Begitu Penting Peranannya, Pemkab Paser Akan Siapkan Kantor PMI

290

SOROT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser akan memperhatikan sarana dan fasilitas kantor Palang Merah Indonesia (PMI) yang ada di wilayah itu.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Paser Kaharudin, menurutnya PMI begitu penting perananya dalam kegiatan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

“Kita akan mempersiapkan sarana prasarana masalah kantor. kita carikan kantor yang spesifik, agar PMI di Paser bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” kata kaharuddin usai peringatan HUT ke-74 PMI di SMA 1 Tanah Grogot, Sabtu (21/9/19).

Dikatakan, data yang diperoleh dari PMI Paser, terdapat 2.000 ribu relawan yang aktif memberikan donor darah. Kaharudin menilai dengan jumlah relawan yang cukup banyak tersebut, PMI perlu didukung dengan sarana yang baik.

“Saat ini sarana yang ada masih perlu dilengkapi. Sehingga dapat menunjang tugas PMI,” kata Kaharudin.

Kedepan kata dia, PMI Paser semakin lebih baik dalam menjalankan tugas kemanusiaan disertai rasa tulus dan ikhlas dalam bekerja. 

“Semoga PMI ini menjadi teladan bagi generasi muda dan momentum HUT ini kita jadikan semangat kepahlawanan, junjung tinggi dan sikap solidaritas antar sesama,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PMI Paser Herawati berharap setiap sekolah di Paser ada kader Palang Merah Remaja (PMR) yang berfungsi sebagai relawan bencana.

“Sehingga saat ada bencana para relawan ini yang akan turun membantu,” kata Herawati. 

Menurut Herawati PMR di setiap sekolah harus dibekali kemampuan dasar tanggap bencana, agar pada saat menolong tidak salah dalam penanganan.

Ia juga menghimbau kepada desa yang berdampak kabut asap diakibatkan kebakaran hutan dan lahan, dapat berkoordinasi dengan PMI agar dapat diberikan masker dari bantuan Pemprov Kaltim.

Di HUT ke-74 PMI, Herawati mengajak kepada remaja di daerah itu, khususnya yang tergabung dalam PMR, untuk mendukung hari nasional patuh lalulintas dan pencegahan dan pemberantasan narkoba. (kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.