Bupati Paser Dorong Kemitraan Petani Untuk Ciptakan Industri Sawit

355

SOROT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, Kalimantan Timur mendorong seluruh perusahaan kelapa sawit menjalin kemitraan dengan para petani, guna menciptakan industri sawit di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, melalui Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Ina Rosana, pada kegiatan loka karya yang digagas Yayasan Solidaridad Indonesia, di ruang rapat Kantor Bupati, Selasa (5/11/19).

“Untuk mencipatakan industrti sawit yang melibatkan perusahaan dan petani kuncinya kemitraan. Ini adalah pola yang sudah berjalan melalui program inti plasma,” demikian sambutan Bupati yang dibacakan Asisten Ekonomi Ina Rosana.

Bupati mengakui untuk menjalin kemitraan petani dengan perusahaan, diperlukan kesepakatan antara kedua belah pihak. Tentu terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Diakui, Sejauh ini terdapat beberapa kendala yang dihadapi,mulai dari aspek budidaya, kelembagaan kelompok petani hingga kualitas Tandan Buah Segar (TBS) yang dipersyaratkan pihak perusahaan.

Bupati menilai permasalahan kelapa sawit di Paser hampir sama apa yang dialami daerah lain di Indonesia. Secara nasional, 58 persen lahan sawit di Indonesia dimiliki perusahaan kelapa sawit dengan segala macam kemampuan, akses, dan keuangan yang dimilikinya.

“Selebihnya adalah lahan sawit mandiri, yang dikelola petani dengan keterbatasan sumber daya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati mendorong agar kemitraan antara petani dapat segera terjalin, sehingga dapat mengatasi segala macam persoalan yang ada.

“Harapannya ada kepastian harga yang diinginkan petani dan perusahaan. Semoga kemitraan segera dapat terjalin sehingga ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” terangnya. (kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.