Tercatat Tapi Belum Pernah Masuk Kerja, Seorang Karyawan di Paser Positif COVID-19

258

SOROT – Kembali satu orang tercatat sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19).

“Tadi malam di Kabupaten Paser mendapatkan berita adanya satu orang terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Amir Faisol, Jubir Gugus Tugas percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser, Kamis (11/6/2020) di Tanah Grogot.

Pasien positif COVID-19 tersebut kata Amir diberi kode PSR 17, ia seorang laki-laki (28) dengan riwayat perjalanan dari daerah Makassar ke Balikpapan, yang belumnya Orang Tanpa Gejala (OTG).

Amir menjelaskan, dengan penambahan satu kasus positif COVID-19, maka hingga saat ini, Kamis (11/6/2020), positif COVID-19 di Kabupaten Paser berjumlah 17 pasien.

“Jadi jumlah yang positif 17, tapi 9 sudah sembuh, sementara sisanya 6 masih menjalani perawatan di RSUD Panglima Sebaya dan dua lainnya dirawat di RS Pertamina Balikpapan,” ujarnya.

Dikatakan, terkait PSR 17 yang saat ini dirawat di RS Pertamina Balikpapan, meskipun tercatat sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Batu Sopang numun belum pernah masuk bekerja.

“Informasi yang saya terima dari manajemen perusahaan, dia belum on-site atau belum bekerja di perusahaan yang ada di Batu Sopang,” ucapnya.

Menurutnya, meski secara riil PSR 17 belum pernah datang ke Batu Sopang, tapi secara administrasi dia sudah tercatat sebagai karyawan di perusahaan yang ada di Batu Sopang.

“Karena tercatat di perusahaan itu, maka penempatan PSR 17 ini kita letakkan di Batu Sopang atau Batu Kajang, sehingga hari ini Kecamatan Batu Sopang terkonfirmasi positifnya menjadi dua pasien,” terangnya.

Lebih jauh Amir menjelaskan, awalnya PSR 17 adalah karyawan salah satu perusahaan di Binuang, Kalimantan Selatan, namun diakhir April 2020 proyek perusahaan itu berakhir, lalu PSR 17 rencana dimutasi ke perusahaan lain yang masih satu grup.

“Karena akhir April perusahaan di Binuang ini masa proyeknya sudah berakhir dan dia (PSR 17) rencana dimutasi ke perusahaan yang ada di Batu Kajang maka tanggal 2 Mei 2020 PSR 17 ini pulang ke Makassar,” ungkapnya.

Kemudian pada 29 Mei 2020, PSR 17 kembali ke Balikpapan Kalimantan Timur, karena satu grup dengan perusahaan yang ada di Batu Sopang maka dia menjalani isolasi mandiri.

Selanjutnya pihak perusahaan menjadwalkan dilakukan swab kepada PSR 17 di RS Pertamina Balikpapan pada tanggal 8 Juni, dan pada tanggal 10 Juni hasil swab dinyatakan positif COVID-19.

“Singkat ceritanya, PSR 17 ini kemungkinan besar kalau melihat data yang ada dia belum pernah datang ke Kabupaten Paser, khususnya di Kecamatan Batu Sopang,” paparnya.

“Jadi dia belum pernah bekerja di perusahaan di Batu Sopang, tapi secara administrasi dia sudah tercatat sebagai karyawan perusahaan di Batu Sopang,” tambahnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.