Pemkab Paser dan Perpadi Serap 2 Ton Beras Lokal

188

SOROTONLINE.COM – Dalam rangka menyerap padi lokal dan menjaga stabilitas harga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser bekerjasama dengan Persatuan Penggilingan Padi (Perpadi) dalam program penyerapan beras petani lokal.

Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Paser, Yusuf, mengatakan sebanyak 2 ton beras telah diserap dalam program tersebut.

“Sudah ada 2 ton beras yang diserap petani lokal. Sekarang tersisa 700 kilogram,” kata Yusuf, Senin (17/05/2021).

Yusuf mengatakan, dalam program ini Pemkab Paser bermitra dengan Perpadi yang telah memiliki sarana dan prasarana pertanian yang cukup memadai seperti alat panen, penggiling, gudang, dan lantai jemur.

“Kualitas beras yang diserap seperti beras medium dan premium, dengan kemasan 10 kilogram, harga per kilogramnya Rp10 ribu,” sebutnya.

Dikatakan, Pemerintah Daerah telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Paser Nomor : 500/70/EK.2, tentang Distribusi Beras Lokal, tertanggal 8 April 2021, yang berisi tentang imbauan bagi ASN dan perusahaan untuk membeli beras lokal tersebut.

“Sejauh ini para ASN dan perorangan yang sudah membeli, perusahaan belum ada. Program ini akan terus kita evaluasi untuk penyempurnaan pemasaran beras di lingkungan Pemkab Paser,” ucapnya.

Ia berharap dengan menyerap beras petani lokal, Pemerintah Daerah dapat menjaga stabiltas harga padi di daerah. Dan diharapkan kedepan program ini akan ditingkatkan sehingga semakin banyak beras lokal yang diserap masyarakat Paser.

“Harapan kami masyrakat dapat membeli beras lokal yang kualitasnya juga tidak kalah bagus,” ucapnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.