Vaksinasi Covid-19 Lansia di Paser Baru Mencapai 5,4 Persen

19

SOROTONLINE.COM – Jubir Satgas Penangangan Covid-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan hingga Mei 2021 capaian vaksinasi bagi lansia mencapai 5,4 persen dari target penerima 21.220 jiwa.

“Target 21.220, sampai saat ini baru mencapai 5,4 persen atau sekitar 1.150-an orang yang sudah divaksin,” kata Amir saat mengisi program Podcast di studio Media Center Kominfo Paser, Rabu (19/05/2021).

Ia menjelaskan, pemberian vaksin menyasar kepada tiga kategori diantaranya tenaga kesehatan, pelayan publik dan masyarakat. Vaksinasi untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 115 persen.

Sementara untuk pelayan publik, baru mencapai 30,5 persen, diakui perkembangan vaksinasi di Kabupaten Paser memang angkanya belum menggembirakan sampai saat ini.

Menurut Amir, rendahnya cakupan vaksinasi khususnya terhadap lansia dikarenakan beberapa faktor diantaranya kekhawatiran lansia menderita penyakit lanjutan setelah mengikuti vaksinasi.

“Lansia yang punya penyakit diabetes dan penyakit komorbid lainnnya, takut setelah divaksin malah tambah sakit,” katanya.

Hal itu, menurut Amir, dikarenakan adanya informasi yang tidak benar tentang vaksin yang bisa menyebabkan penyakit lanjutan. “Berita yang beredar di media ini menimbulkan lansia takut untuk divaksin,” ucapnya.

Penyebab lain, kata Amir, karena kondisi lansia yang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan atau transportasi. Atau ada faktor lain, seperti pekerjaan atau kesibukan pribadi.

Untuk memaksimalkan program vaksinasi bagi lansia, Satgas Covid-19 mengeluarkan program “Dua Satu”, yakni membawa dua orang keluarganya yang lansia untuk divaksin, salah satu keluarganya akan mendapat vaksinasi lebih cepat dari jadwalnya.

“Ini kan vaksinasi bagi masyarakat belum jadwalnya. Tapi kalau masyarakat bisa membawa dua keluarganya yang lansia, masyarakat tersebut dapat lebih dulu ikut vaksinasi,” jelas Amir.

Amir berharap dengan adanya program tersebut dapat memotivasi masyarakat yang memiliki keluarga lansia untuk dapat mengantar keluarganya mengikuti vaksinasi yang sedang berjalan ini. Satgas Covid-19 menargetkan pada 7 November 2021 vaksinasi bagi lansia dapat selesai. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.