Satgas Berlakukan Lockdown, Puluhan Warga Desa Tepian Batang Terpapar Cover-19

31

SOROTONLINE.COM – Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan, puluhan warga Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, terkonfirmasi Positif Covid-19.

Menurut Amir Faisol hal tersebut diketahui setelah sebelumnya dilakukan tracing pemeriksaan swab antigen, terhadap masyarakat Rukun Tetangga (RT) 02 di Gang Seratai Desa Tepian Batang pada 1 Juli 2021 lalu.

“Hingga kemarin, terdeteksi 51 warga desa tepian batang RT 02 yang terpapar Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Paser, Amir Faisol. Senin (12/7/2021).

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada, warga yang terpapar Covid-19 sementara ini tidak diperkenankan untuk keluar rumah terlebih dulu.

Begitupun bagi masyarakat yang ingin masuk di wilayah tersebut tidak diperkenankan memasuki kawasan tersebut.

Karena jumlah yang terpapar cukup besar, Satgas Covid-19 Kabupaten Paser memutuskan untuk Lockdown Mikro, di RT 02, gang seratai.

“Dalam artian, masyarakat untuk sementara dalam dua minggu, tidak boleh keluar dulu begitu juga orang luar tidak diperbolehkan masuk ke Gang seratai, RT 02 ini,” jelas Amir Faisol.

Hal itu bertujuan dalam memutus mata rantai penularan dari Covid-19, sehingga tidak menyebar ke masyarakat yang berada dilingkungan lainnya.

Dari 51 warga yang terpapar Covid-19, beberapa diantaranya melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, semntara 1 orang lainnya menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sebagian besar isolasi mandiri di rumahnya dan sebagian di eks RSUD Panglima Sebaya, tapi dalam kondisi yang tidak terlalu berat, dengan artian gejala ringan,” terangnya.

Selain itu, hari ini juga dilakukan pemeriksaan antigen pada warga yang belum sempat melakukan pemeriksaan antigen sebelumnya.

“Hari ini kita masih terus melakukan pemeriksaan swab antigen karena sabtu kemarin kita belum sempat semuanya melakukan pemeriksaan, maka kita lanjutkan hari ini,” jelas Kadinkes Paser.

Ia menegaskan akan terus melakukan pemantauan terhadap warga RT 02 yang menjalani karantina wilayah dan isolasi mandiri dengan mengirimkan bantuan berupa makanan dan bahan-bahan pokok.

“Saat ini  RT 02 Tepian Batang ini dalam pengawasan yang ketat oleh Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” tegasnya.

Dalam beberapa hari ini para warga yang menjalani karantina mandiri tersebut, diberi asupan vitamin yang memadai, agar imun tubuhnya bisa meningkat.

Kadinkes Paser mengharapkan pada Kepala Desa maupun RT setempat, jika ada keluhan dari warganya diharapkan dapat melaporkan secepatnya ke Tim Satgas Covid-19.

“Kita berharap pada kades maupun Ketua RT, bila mana warganya melakukan isolasi mandiri medapatkan keluhan, biar nanti kades atau RT melaporkan terhadap petugas kesehatan,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.