Pengurus Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot Serahkan Pemotongan Hewan Kurban ke RPH

55

SOROTONLINE.COM – Hewan kurban yang diterima Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, rencana penyembelihannya akan diserahkan ke Rumah Potong Hewan (RPH).

Hal tersebut disampaikan H Bahriansyah Bendahara Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot, menurutnya penyerahan itu sesuai dengan himbauan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Paser.

“Ini untuk menghindari terjadinya kerumunan di masyarakat, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sesuai surat himbauan tersebut,” kata Bahriansyah, Senin (19/7/2021) di Tanah Grogot.

Setelah pemotongan hewan kurban di RPH, lalu diserahkan ke panitia kurban Masjid Agung Nurul Falah, untuk dilakukan pencacahan daging dan pengemasan kedalam kantong plastik.

Untuk menghindari kerumunan dari warga kata dia, pada saat pencacahan daging kurban, panitia akan menutup akses masuk ke lokasi tempat dilakukannya kegiatan tersebut.

“kita hanya menerima daging aja dari RPH, Nanti panitia kita disini yang mencincang memotong-motong dagingnya, untuk pendistribusiannya kita serahkan dengan RT,” ucapnya.

Dikatakan, setidaknya penyerahan daging kurban dilakukan ke 17 RT, kemudian masing-masing RT nantinya yang akan mendistribusikan ke warga, hal ini guna menghindari kerumunan.

Berdasarkan data panitia kurban Masjid Agung Nurul Falah, hingga pukul 14.12 WITA, Senin (19/7) tercatat hewan kurban yang diterima sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

“Jumlahnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, tahun lalu di Masjid Agung menerima hewan kurban 11 ekor sapi dan 7 ekor kambing, tapi mungkin nanti masih ada tambahan,” terangnya.

Bahriansyah juga menambahkan, terkait pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 H bertepatan 20 Juli 2021 di Masjid Agung Nurul Falah, akan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) kepada para jamaah.

“Besok dilaksanakan sholat id disini, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat, makanya kita himbau kepada masyarakat yang melakukan sholat disini agar menggunakan masker dan jaga jarak,” pungkasnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.