Buka Dapur Umum Bantu Warga yang Menjalani Isoman di Gang Seratai Paser

31

SOROTONLINE.COM – Berbagai bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser kepada puluhan warga yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman), di Gang Seratai, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Beberapa waktu lalu, Bupati Paser dr Fahmi Fadli langsung menyerahkan secara simbolis, melalui pejabat desa berupa sembako untuk disalurkan kepada warga yang menjalani Isoman. Mengingat setidaknya ada 92 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian bantuan lainnya berlanjut, yakni pemerintah setempat membuka dapur umum sejak 12 Juli 2021 lalu, juga untuk masyarakat yang menjalani Isoman di desa itu.

“Terdapat 92 warga kami terkonfirmasi positif, di RT 1 ada tiga kepala keluarga, RT 10, dua KK, sedangkan di RT 2 sebanyak 89 orang,” kata Kepala Desa (Kades) Tepian Batang, Jaludin, Rabu (21/7/2021).

Warga yang melakukan Isoman di rumah, diberikan konsumsi 3 kali dalam sehari, mulai dari makan pagi, siang, hingga malam.

Dalam sekali makan, petugas di dapur umum menghabiskan puluhan kilogram beras maupun lauk-pauk.

“Satu kali makan itu, bisa menghabiskan beras 25 kilogram, lauk pauk 10 kilogram (ikan, daging atau ayam). Serta dalam sehari untuk memasak menghabiskan empat tabung gas (elpiji 12 kilogram),” sambung kades.

Petugas dapur umum dalam satu kali masak, membuat 120 bungkus nasi campur lengkap dengan sayur dan lauk, menghabiskan sedikitya 150 potong ayam.

Terkait dengan sembako yang diberikan Pemkab Paser beberapa waktu lalu, Jaludin mengaku sudah mendistribusikan ke warga yang menjalani Isoman.

“Sudah kami distribusikan langsung ke warga Isoman, diantaranya minyak, beras, hingga mie instan, cuman yang diperlukan stoknya ini sayur mayur dan lauk pauk,” terangnya.

Saat ini, untuk keperluan dapur umum, seperti kebutuhan lauk-pauk dan sayur mayur, diperoleh dari bantuan donatur, yayasan maupun perusahaan.

Bantuan yang diterima pun berpariasi, ada yang menyalurkan bantuan bahan makanan, juga ada bantuan berupa uang tunai.

“Uang itu kami gunakan untuk kebutuhan dapur umum, seperti membeli ayam, dalam sehari itu menghabiskan Rp 1 juta, Alhamdulillah ada saja dermawan yang ngasih dengan besaran 500 ribu sampai 1 juta rupiah,” urainya.

Bagi dermawan yang ingin menyalurkan bantuan, bisa langsung mendatangi posko PPKM Mikro Gang Seratai, RT 02 Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot.

Jaludin menyebutkan, kebutuhan warga yang menjalani Isoman saat ini yaitu buah-buahan.

“Sejauh ini belum ada bantuan buah-buahan, ini juga sangat dibutuhkan warga Isoman, kalau vitamin sudah ada bantuan dari puskesmas,” pungkasnya.

Diketahui, pada Jumat 23 Juli 2021 mendatang, menjadi hari terakhir isolasi mandiri di rumah, begitupun dengan keberadaan dapur umum.

Tercatat 92 warga di Gang Seratai yang terkonfirmasi positif Covid-19, 2 diantaranya masih anak-anak, berusia sekira 10 sampai 12 tahun. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.