Bentuk Karakter Berjiwa Merah Putih, Disporapar Paser Buka Pendidikan dan Latihan Paskibraka

18

SOROTONLINE.COM – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, membuka diklat pendidikan dan latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), di Hotel Kyrad Sadurengas, Tanah Grogot, Kalimantan Timur. Senin (2/8/2021).

Kepala Disporapar Paser, Yusuf Sumako mengatakan, diklat Paskibraka merupakan kegiatan reguler yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata. Tujuannya sebagai sarana untuk pembentukan karakter yang berjiwa merah putih, siap mengabdi dan berbakti bagi bangsa dan negara Indonesia.

Dikatakan, perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021 mendatang, masih dalam situasi Pandemi Covid-19 dan menunjukkan tingkat penularan yang mengkhawatirkan. Maka mengimbau kepada semua pihak, agar setiap penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan banyak orang tetap mematuhi Protokol Kesehatah (Prokes).

“Harapan kami, semua pihak dapat mematuhi Prokes dengan 5M, diantaranya, selalu Memakai masker, rajin Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan mengurangi Mobilitas jika bukan untuk hal yang mendesak,” imbuhnya.

Menurutnya, anggota Paskibraka merupakan salah satu bagian dari generasi muda Indonesia, yang selalu terus membina diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara.

Serta, kokoh kepribadiannya dan dapat dikembangkan, memiliki jiwa kepemimpinan, semangat kerja keras dan memiliki nilai kepeloporan. Dengan harapan, pemuda-pemudi Kabupaten Paser yang mampu tampil dan dapat melanjutkan estafet kepemimpinan daerah dan bangsa nantinya.

“Karena para pemuda-pemudi yang cerdas, cakap, terampil, berbudi pekerti yang baik, memiliki ilmu pengetahuan yang luas, sehat jasmani dan rohaninya, rukun satu sama lainnya serta memiliki semangat untuk mengabdi kepada bangsa, negara dan masyarakat,” urai Yusuf.

Dalam meraih semua itu, tentu harus diperjuangkan sejak dini, karena selain memerlukan pengorbanan, juga memerlukan niat, tekad, semangat, dan kerja keras yang tinggi serta ke-uletan dan ketekunan.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang besar, baik dari segi wilayah, jumlah penduduk, sejarah maupun budayanya.

“Hanya ditangan orang-orang yang cerdas, bersemangat dan berdedikasi yang tinggi yang dapat membawa perjalanan bangsa ini menuju masa depan yang lebih baik, aman, damai dan rakyatnya yang sejahtera lahir maupun batin,” papar Kadisporapar Paser.

Menurutnya, para pendahulu telah meletakkan pilar-pilar kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat menjadi penopang sumber bagi pembangunan dan kemajuan bangsa melalui pemahaman falsafah, ideologi dan dasar negara kita yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Mulai hari ini, Kabupaten Paser kembali melakukan tahap pelatihan calon Paskibraka, yang dinilai mampu untuk menjadi pengibar sang saka merah putih.

“Harapannya, mereka yang ditugaskan mampu menjadi pengibar sang saka merah putih dengan menampilkan yang terbaik, ketika ditugaskan dalam rangka upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2021 di Kabupaten Paser.

Untuk itu, Kadisporapar Paser berpesan pada peserta Paskibraka agar mengikuti pelatihan secara serius, dengan menyiapkan mental dan fisik, serta menjaga kesehatan selama pelatihan berlangsung.

Terdapat 35 peserta dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Paser yang ditugaskan dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-76, 17 Augustus 2021 mendatang. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.