Selama Pandemi Posyandu Ditiadakan, PKK Paser Gelar Posyandu Darurat

18

SOROTONLINE.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Paser menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Halaman PKK, Jalan Jendral Sudirman Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WITA, Rabu (04/08/2021) tersebut, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan pada balita dan berlaku untuk umum.

“Kegiatan ini untuk memastikan kesehatan balita selama pandemi, tetap diberi asupan gizi dan vitaminnya,” kata Ketua PKK Paser Sinta Rosma Yenti.

Menurut Sinta, kegiatan yang digelar sejak 4 sampai 25 Agustus ini juga bertujuan untuk menekan angka kasus stunting pada balita. Selama pandemi Covid-19.

Dikatakan, kegiatan posyandu di setiap desa ditiadakan untuk menghindari kerumunan massa. Oleh karena itu PKK melakukkan kegiatan Posyandu darurat dengan penerapan protokol kesehatan.

“Jika satu bulan ke depan angka Covid-19 terus meningkat maka pelayanan Posyandu ini akan berlanjut,” ujarnya.

Adapun pelayanan yang diberikan berupa pemantauan pertumbuhan dengan penimbangan dan pengukuran tinggi badan setiap bulan.

Juga dilakukan pemberian vitamin A di bulan Febuari dan obat cacing di bulan Agustus pada balita, deteksi dini tumbuh kembang anak, dan mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

“Pemberian vitamin, penimbangan berat badan balita, pemantauan kehamilan pertama ibu guna mengurangi angka stunting,” ungkapnya.

Sinta mengingatkan kepada warga yang ingin mendapatkan pelayanan agar tetap menjaga protokol kesehatan. “Jangan sampai kita berniat memfasilitasi kesehatan malah menambah jumlah Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Puskesmas Tanah Grogot dr. Ainun Jariyah mengatakan Posyandu di tingkat RT tidak bisa dilaksanakan akibat peningkatan Kasus Covid-19.

“Posyandu darurat tetap dilaksanakan setiap hari sesuai jadwal Posyandu di Kelurahan. Apabila ada warga yang datang di luar jadwal tetap kami layani,” kata dr. Ainun.

Dr. Ainun mengakui masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya Posyandu bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Dengan membawa para anak ke Posyandu kita periksa apakah perkembangan anak sesuai dengan umurnya, jika ada kemungkinan stunting dapat kita cegah dari awal,” katanya.

Dr. Ainun mengapresiasi dan berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang difasilitasi PKK Kabupaten Paser. Ia berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.