Rutan Tanah Grogot Lakukan Mitigasi dan Simulasi Penanganan Kebakaran

265

SOROTONLINE.COM – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim melaksanakan pelatihan penanganan bencana kebakaran kepada seluruh jajaran Rutan, Sabtu (25/9/2021).

“Rutan terus bergerak cepat berbenah melakukan upaya mitigasi seperti pengecekan sarana dan prasarana hingga peningkatan kapasitas petugas, salah satunya pelatihan penanganan kebakaran,” kata Doni Handriansyah Kepala Rutan Tanah Grogot.

Dalam sambutannya Doni mengatakan, kegiatan simulasi penanganan bencana kebakaran yang melibatkan seluruh petugas Rutan Tanah Grogot itu, menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi kepada rekan-rekan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Paser dalam waktu singkat dapat merespon cepat surat permohonan dari Rutan,” ucap Doni.

“Serta memfasilitasi dan memberikan pembelajaran tentang penanganan bencana kebarakan yang berpotensi terjadi pada Rutan Tanah Grogot,” sambungnya.

Selain itu Dia juga menekankan kepada seluruh jajaran untuk serius mencermati, mendalami dan mempelajari kegiatan itu, karena semua ini untuk pembekalan petugas pengamanan dalam menghadapi permasalahan di lingkungan Rutan kedepan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemadam Paser Tatang Abdimas mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kesempatan baik untuk Dinas Damkar Paser melakukan pemetaan dan mengecek kesiapan personil apabila terjadi kebakaran didalam Rutan.

“Kita semua harus mawas diri dan kita ketahui penanganan kebakaran di luar dengan di Lapas maupun Rutan berbeda,” kata Sekretaris Dinas Pemadam Paser Tatang Abdimas.

“Dan bersyukur Rutan Tanah grogot dengan adanya kolaborasi dan sinergitas ini kita bisa melaksanakan pencegahan dan penanganan kebakaran dengan baik,” tambahnya.

Kegiatan ditutup dengan pemberian Plakat oleh Kepala Rutan Tanah Grogot kepada Kepala Dinas Damkar Paser yang di wakili oleh Sekretaris Damkar Paser, sebagai simbol hubungan harmonis dan sinergitas yang solid. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.