Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser Lolos Akreditasi dan Raup Sejumlah Keberhasilan

433

SOROTONLINE.COM – Upaya kerja keras yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Paser, Kaltim selama ini tak sia-sia, kegigihan para pegawai dinas yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot itu akhirnya membuahkan hasil.

“Alhamdulillah berkat kerja keras kawan-kawan di sini (DKP) satu-satunya perpustakaan yang lolos akreditasi nasional tipe B se-Kaltim 2021 hanya Kabupaten Paser Paser,” kata Yusuf Sumako Kepala DKP Paser, Rabu (8/6/2022).

Dikatakan, dengan lolosnya akreditasi, akhirnya DKP Paser berhasil mendapatkan reward berupa bantuan mobil perpustakaan keliling digital, dan ini pertama di Indonesia.

“Jadi Paser yang dapat, Pak Bupati sudah menerima kunci mobilnya di Jakarta waktu itu, bulan Oktober ini mobilnya dikirim ke sini,” ujarnya.

Reward selanjutnya kata dia, DKP Paser juga dapat bantuan inklusi sosial senilai Rp 5 miliar berupa teknologi komunikasi informasi dan mebeler Rp 2,5 miliar untuk mengisi gedung perpustakaan yang akan dibangun nantinya.

Tak hanya mampu lolos dalam akreditasi, DKP Paser juga mengantongi beberapa juara seperti Panji Kearsipan juara satu tahun 2021, kemudian pengawasan terbaik kearsipan nasional juga mendapat predikat nomor satu di Kaltim.

“Alhamdulillah ini berkat perjuangan dan inovasi kawan-kawan kita semua disini walaupun kami sampaikan bahwa anggaran yg ada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan terbatas, tapi itu tidak masalah,” ungkapnya.

DKP Paser memang tak pernah berhenti berbuat yang terbaik, bukan hanya soal akreditasi dan prestasi, tapi dari sisi pelayanan juga dilakukan secara maksimal hingga mempercantik gedung bangunan melibatkan pihak ketiga.

“Dengan hasil ini bisa dicek, ini untuk perubahan fisik didalam dan diluar itu semua adalah bantuan pihak ketiga. Kegiatan-kegiatan kami disini hampir setiap hari semua dari pihak ketiga,” terangnya.

“Besok juga ada bantuan dari provinsi untuk pelatihan pengelolaan perpustakaan, ada pelatihan tatacara untuk akreditasi kepustakaan,” tambahnya.

Kegiatan lain, DKP Paser juga melakukan kerjasama dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia dan Al-Khawarizmi untuk pelatihan komputer dan pelatihan baca Alquran Tajwid.

“Alhamdulillah banyak sekali kegiatan kita ini, Literasi religius yang sudah kami rekrut ada 100 ibu-ibu yang sudah pensiun, bisa dilihat Kamis dan Jumat sore penuh tuh disini, nah itu belajar tajwid,” terangnya.

Kedepan Yusuf Sumako menargetkan, DKP Paser akan berupaya menjadi juara satu Panji Kearsipan dan Panji Perpustakaan. “Tahun ini kami rencanakan Panji Kearsipan dan Panji Perpustakaan, bermimpi kami sandingkan untuk juara satu nanti di provinsi,” pungkasnya. (adv)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.