Diikuti Ribuan Siswa, Sekda Paser Lepas Pawai Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah

191

SOROTONLINE.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya melepaskan peserta pawai sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Paser, jalan Noto Sunardi Tanah Grogot Kalimantan Timur, Senin (1/8/2022).

Dalam acara pelepasan yang dihadiri unsur Forkopimda, jajaran Asisten, Kepala Kementerian Agama dan sejumlah pimpinan OPD, Sekda Paser menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas terselenggara kegiatan tersebut.

“Terimakasih pada panitia, peserta, dan seluruh pihak atas pelaksanaan kegiatan yang meriah ini untuk menyambut tahun baru Islam. Kita bersyukur tahun baru Islam tahun ini bisa kita laksanakan,” kata Sekda Katsul Wijaya.

Menurutnya, semarak Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah kali ini karena pandemi di Kabupaten Paser bisa terkendali berkat kerja sama seluruh pihak dan dukungan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) pada kegiatan ini mengisi dengan berbagai kegiatan, hal ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah yang memberikan kelonggaran dalam aktivitas.

“Selain pawai yang diikuti ribuan siswa dan siswi TK/TPA, SD, MI, MTs, SMP, SMA, MA juga dilakukan zikir dan doa bersama di Masjid Agung Nurul Fallah Tanah Grogot,” ujarnya.

Meski Ibukota Kabupaten Paser itu diguyur hujan, namun antusias dan semangat ribuan pelajar tak pernah surut mengikuti pawai ta’aruf menyambut Tahun Baru Islam I Muharam 1444 Hijriah. Bersama kendaraan hias mereka dengan penuh kegembiraan melintasi rute yang sudah ditentukan.

Sementara itu Syarifuddin Guru MTsN Tanah Grogot mengaku sangat bersyukur atas terlaksananya berbagai kegiatan dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah.

“Alhamdulillah setelah pandemi ini mulai terbuka sehingga semarak kegiatan-kegiatan mulai terlihat, baik itu kegiatan bernuansa islami maupun kegiatan lainnya,” kata Syarifuddin yang mengaku menurunkan 300 siswanya dalam kegiatan pawai tersebut.

Dikatakan, dengan antusias para pelajar mengikuti pawai menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah, halaman Kantor Bupati Paser hampir tak dapat menampung para peserta dari seluruh sekolah yang terlibat dalam pawai itu.

“Kami sebagai lembaga pendidikan sangat mendukung kegiatan ini, karena ini kegiatan menyambut Tahun Baru Islam tentunya sangat mengapresiasi dalam bentuk melibatkan siswa, tenaga pendidik dan kependidikan dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, pawai menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah tentunya memberikan pendidikan kepada siswa siswi, bahwa Tahun Baru Islam juga layak diperingati, agar mereka tahu mengenai Tahun Baru Islam.

“Tanggal 1 bulan Muharram dalam sejarah Islam merupakan peristiwa penting, peristiwa ini terjadi saat dimana Rasulullah saw melakukan hijrah dari Kota Mekah menuju Kota Madinah bersama pengikutnya,” pungkasnya,” (adv)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.