Tanggapan DPRD Terkait Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat Oleh Pemkab Paser

112

SOROTONLINE.COM – Dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), DPRD menginginkan konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, khususnya Diskominfostaper dalam hal tindak lanjut pembinaan yang dilaksanakan.

Anggota Komisi II DPRD Paser Lamaludin mengatakan, Konsistensi yang diinginkan yaitu, dalam hal tindak lanjut pembinaan yang dilaksanakan dengan terbentuknya KIM di Kabupaten Paser maka akan menguntungkan bagi daerah.

“Jadi KIM ini tidak hanya sekedar dibentuk semata, InshAllah menguntungkan apabila ditindaklanjuti kedepannya,” kata Lamaludin, Rabu (16/11/2022). di Tanah Grogot.

Ia beranggapan, Kehadiran KIM sangat membantu dalam hal penyebarluasan informasi yang ada di desa.

menurut politisi Partai Demokrat ini, kehadiran KIM membantu dalam hal penyebarluasan informasi yang ada di desa. Sehingga secara langsung membantu mempromosikan segala potensi di satu wilayah.

“Seperti potensi wisata yang ada di desa, sehingga bagi yang tidak tahu bisa mengetahuinya,” sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Tanah Grogot.

Dengan membantunya promosi secara luas akan potensi, termasuk potensi  wisata, yang bakal berdampak pada perekonomian masyarakat karena akan banyak UMKM yang terbantu.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, Ina Rosana menyampaikan KIM merupakan suatu lembaga yang strategis dalam penyebarluasan informasi.

KIM dibentuk dari dan untuk masyarakat. Sehingga dapat menjadi mitra pemerintah. “Kehadiran KIM sangat strategis dalam rangka sebagai mitra pemerintah sebagai media untuk literasi edukasi informasi yang bebas hoax,” ucap Ina Rosana.

Dari sisi lain kata dia, juga dapat berdampak pada pemberdayaan ekonomi, pasalnya 14 KIM yang telah dibentuk, tidak hanya semata mengelola informasi saja, namun bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan di desa sesuai dengan potensi masing-masing. (rp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.