Hadiri Rakernas APPSI, Wabup Paser Sampaikan Arahan Presiden Terkait Pertumbuhan Ekonomi

161

SOROTONLINE.COM – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), dihadiri Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf, Kamis (23/2/2023).

Acara yang dibuka Presiden RI Joko Widodo tersebut, berlangsung di Kota Balikpapan, Kaltim dengan mengusung tema menyongsong pemerintahan baru pasca Pilpres tahun 2024.

Pada Rakernas APPSI itu kata Wabup Paser, terdapat poin poin penting arahan dari Presiden RI diantaranya terkait belanja masyarakat agar bisa menumbuhkan iklim perekonomian.

“Seperti event seni dan olahraga jangan di tahan-tahan, karena ini baik untuk peningkatan pertumbuhan perekonomian,” kata Masitah, Jumat (24/2/2023).

Untuk tahun 2023 ini, setidaknya terdapat tiga ribu event seni dan olahraga yang akan digelar. Dengan begitu Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk memperlancar pada proses perizinannya, kata Masitah.

“Izin-izin event ini diminta tidak dihambat mengingat ini menyangkut perputaran ekonomi, jika terhambat bisa berpengaruh akan terpending 690 triliun,” ujarnya.

Sejalan dengan hal pertumbuhan ekonomi tersebut, ini juga akan mendorong terwujudnya Paser yang Maju Adil dan Sejahtera (MAS) sesuai Visi Pemerintah Kabupaten Paser di Bumi Daya Taka,” sambungnya.

Dikatakan, belanja masyarakat perlu ditingkatkan, Pemda diminta untuk mencari dan membuka potensi pariwisata serta membantu dalam pengembangan di daerah dan UMKM harus digiatkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi agar tetap terjaga.

Selain itu kata dia, hilirisasi semua sektor di daerah juga harus diperhatikan bukan berfokus pada pertambangan, melainkan di sektor pertanian, perikanan dan perkebunan, mengingat soal pangan sangat penting diperhatikan guna antisipasi elnino, Idul Fitri dan kondisi geopolitik.

“Oleh karenanya Pemda diminta terus melakukan kontrol pasar guna menjaga stabilitas kenaikan harga dasar bahan pokok, karena hal ini menyangkut inflasi, seperti kenaikan harga beras,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.