Bupati Apresiasi Bimtek APDESI Paser, Bisa Hadirkan Inovasi dan Kreativitas Untuk Desa

1036

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, mengapresiasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diinisiasi Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Paser.

Hal itu disampaikan Bupati Paser, Kamis (22/6/2023) saat menutup Bimtek tentang Manajemen Desa Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali.

Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari itu bertujuan untuk memajukan perekonomian dan mendorong partisipasi masyarakat terhadap potensi desa, yang selaras dengan program dan visi Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) yakni memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Dengan adanya bimtek hingga keluar daerah, saya yakin para peserta sudah mendapat gambaran dan harapannya bisa menghadirkan inovasi dan kreativitas untuk desa, agar lebih baik ke depan,” kata Bupati Fahmi.

Untuk itu Bupati juga mendukung kegiatan serupa demi pengembangan dan kemajuan daerah di tingkat desa. Ia juga mengingatkan, melalui bimtek yang sudah dilakukan, bisa membuka wawasan dan pikiran dalam menggali potensi yang dimiliki desa.

“Tentunya setelah berkunjung ke berbagai daerah di NTB dan Bali, terlihat adanya perbedaan baik dari segi pariwisata maupun ekonomi. Sehingga melalui bimtek dan kunjungan ini, bisa menjadi motivasi lewat perbandingan daerah yang ada,” jelasnya.

Dikatakan, meski tidak semua desa di Kabupaten Paser memiliki sektor pariwisata. Namun Fahmi meyakini ada upaya lain dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Hal itu terlihat dari ragamnya kreativitas hasil kunjungan bimtek.

“Dari bimtek ini semoga bisa menjadi pemicu agar desa mampu menggali potensi yang berdampak pada peningkatan ekonomi daerah,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Paser, Katsul Wijaya menyatakan, kegiatan serupa perlu dilaksanakan kembali, sebagai bagian dalam melengkapi pemahaman masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah.

Menurutnya, untuk mendukung upaya Pemerintah Desa dalam mengembangkan potensi desa, Pemkab Paser siap menindaklanjuti kebutuhan yang merupakan tanggungjawab Pemkab Paser salah satunya infrastruktur agar keingingan desa terealisasi.

“Pastinya itu tanggungjawab Pemerintah. Jadi nanti kita lihat, jika memang itu sangat berpotensi, kami (Pemerintah) siap mendukung,” pungkasnya.

Untuk diketahui Bimtek tentang Manajemen Desa Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut melibatkan Camat, Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Perempuan, Tokoh Adat dan Masyarakat Kabupaten Paser.

Selain Bimtek, para peserta juga mengikuti seminar tentang eksistensi dan kontribusi masyarakat desa dalam persiapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.