Hari Jadi 41 Tahun, Kideco Konsisten Beri Dampak Positif dan Jamin Kelestarian Lingkungan

482

SOROTONLINE.COM – PT Kideco Jaya Agung (Kideco) memperingati hari jadinya ke – 41 tahun pada 7 September 2023 dengan tema “Bersama Membangun Masa Depan”.

Tema ini menggambarkan Kideco yang terus memberikan nilai tambah bersama seluruh pemangku kepentingan untuk membangun Kideco dan Indonesia menuju yang lebih baik secara harmonis guna menciptakan keberlanjutan di masa depan.

Selain itu, tema tersebut juga sejalan dengan visi Kideco menjadi “the most reliable and eco-friendly Indonesian energy provider for sustainable future”.

Sebagai wujud rasa syukur Kideco pada peringatan ulang tahun serta kesadaran tumbuh dan besar bersama masyarakat Kabupaten Paser, maka mengadakan Kideco Peduli Sosial untuk masyarakat lingkar tambang.

Kegiatan itu yakni, Kideco Peduli Pondok Pesantren & Panti Asuhan yang diselenggarakan di beberapa wilayah yang tersebar di Kabupaten Paser.

Kemudian, Kideco Peduli Warga Prasejahtera dan Lansia, dengan pemberian bantuan sembako dan pengobatan gratis kepada para warga lansia dan prasejahtera di 5 Desa yaitu Desa Muser, Desa Biu, Desa Samurangau, Desa Legai dan Desa Batu Butok.

Selanjutnya, Kideco Peduli Disabilitas dengan mengadakan seminar parenting kepada para orang tua untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) serta pemberian bantuan berupa perlengkapan permainan edukasi dan tas sekolah di Yayasan Rahmatillah Tanah Grogot.

Tak hanya itu, pada momentum ini, Kideco juga mengadakan lomba cerdas cermat “Kideco Edu Champion” yang diikuti oleh 123 siswa siswa dari 41 sekolah tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Paser.

Lomba cerdas cermat ini bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi serta membantu menemukan minat dan bakat mereka.

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, M. Kurnia Ariawan menyampaikan, selama 4 dekade Kideco berkomitmen untuk terus berupaya memastikan kinerja dan kelangsungan perusahaan berjalan dengan baik.

Kideco kata Kurnia, juga konsisten memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat serta menjamin kelestarian lingkungan. Hal ini terbukti dengan berbagai capaian yang telah Kideco lakukan.

1. Penerapan konsep dan program Environmental, Social & Governance (ESG) dalam bisnis proses operasionalnya.

2. Berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi, pendidikan, kesehatan serta infrastuktur di wilayah Kabupaten Paser di bawah program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

3. Kesetaraan gender dalam hal tenaga kerja dan meningkatkan peran perempuan7 di tengah tantangan dunia tambang yang didominasi oleh Pria.

4. Kideco berhasil mendapatkan 2 kali Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas nasional berturut-turut pada tahun 2019 dan 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), peringkat Aditama untuk bidang lingkungan hidup pada ajang Good Mining Practice Award 2022 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta penghargaan Proper Emas dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Kurnia menambahkan, sebagai bagian dari anak perusahaan PT Indika Energy Tbk, Kideco berkomitmen penuh mendukung program pencapaian net zero emission 2050 dan mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam upaya untuk menurunkan gas emisi rumah kaca di tahun 2030.

Dikatakan, segala pencapaian dan prestasi Kideco tentu tak akan terwujud tanpa kinerja terbaik para karyawan yang telah mencerminkan semangat sinergitas di setiap lapisan dalam menjalankan perannya untuk memberikan energi kepada bangsa, serta loyal dan kompeten untuk berkontribusi dalam pencapaian perusahaan.

Untuk diketahui, Kideco merupakan perusahaan pertambangan batubara yang didirikan pada tahun 1982 yang memiliki Izin Usaha Pertambangan Khusus sebagai kelanjutan Operasi Kontrak/Perjanjian (IUPK).

Kegiatan pertambangan Kideco berlokasi di Kabupaten Paser, Kaltim dengan produksi komersial dimulai pada tahun 1993 sebesar 1,2 juta ton dan mencapai produksi kumulatif 604 juta ton pada tahun 2022. Kideco bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam dan berkontribusi terhadap pasokan energi di Indonesia. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.