Kideco Kembali Raih Penghargaan Tertinggi Kementerian ESDM

271

SOROTONLINE.COM – PT Kideco Jaya Agung (Kideco) anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk kembali meraih Penganugerahan Penghargaan Subroto 2023 yang diadakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jumat (29/9/2023).

Berlangsung di Kempinski Grand Ballroom Jakarta, acara ini sekaligus menjadi puncak rangkaian kegiatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78 dengan mengusung tema ”Energi Masa Depan Bumi”.

Penganugerahan Penghargaan Subroto tahun ini digelar kali keenam sejak tahun 2017, ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan, salah satunya bidang lingkungan.

PT Kideco Jaya Agung menerima Bidang Penghargaan Inovasi Penyedian, Pembangunan, dan Pengelolaan Fasilitas Pembibitan/Persemaian (Nursery) Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Penghargaan diberikan langsung oleh Plt. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM Bambang Suswantono kepada Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung M. Kurnia Ariawan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Teknik Tambang Kideco Ikhsan Alman Latif sebagai penanggung jawab dalam implementasi program lingkungan perusahaan yang berhasil mendapat penghargaan ini.

Dalam sambutannya Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

“Situasi energi di Indonesia sangat dipengaruhi dinamika global antara lain konflik geo-politik dan kondisi perubahan iklim akibat pemanasan global. Pelaksanaan transisi energi semakin penting dan perlu dipercepat untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2060,” kata Arifin.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyebut “Penghargaan Subroto tahun ini diberikan kepada 62 pemenang dari 14 bidang penghargaan yang diusulkan oleh delapan unit eselon satu di lingkungan Kementerian ESDM.

“Jumlah bidang penghargaan ini meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 13 bidang penghargaan untuk 66 pemenang. Hal ini memberikan kesempatan lebih untuk penggiat sektor energi untuk terus memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan dan memajukan sektor ESDM ke depannya,” tutur Dadan.

Sementara itu Direktur Utama Kideco M. Kurnia Ariawan menyampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas penghargaan yang diberikan kepada Kideco, perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kabupaten Paser, Kaltim.

“Tentunya ini menjadi semangat baru dan tanggung jawab untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup di dalam kegiatan operasional bisnis kami,” ujar Kurnia Ariawan.

Dikatakan, Kideco mengedepankan keberlanjutan bisnis dan terus memberikan dampak positif secara nyata kepada masyarakat dan lingkungan melalui program-program ESG (Environment, Social, Governance) yang telah ditetapkan. (*)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.