Ketua DPRD Paser Ajak Masyarakat Tumbuhkan Semangat dan Optimisme Bangkit Majukan Daerah

112

SOROTONLINE.COM – Usai mengikuti upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Paser, Hendra Wahyudi mengatakan, Harkitnas merupakan momen bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia.

“Lebih dari seabad lalu, tepatnya 20 Mei 1908 didirikan organisasi Boedi Oetomo oleh dr. Soetomo dan para pelajar, yang kala itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia,” kata Hendra kepada wartawan, Senin (20/5/2024).

Hari berdirinya organisasi pemuda kala itu, menjadi cikal bakal dari simbol Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan setiap tanggal 20 Mei. Organisasi yang ikut digagas oleh Wahidin Sudirohusodo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal.

“Seperti pentingnya pendidikan serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial,” ujarnya.

Apa yang telah dirintis Boedi Otomo, kata Hendra dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan dan diperluas menjadi nasionalisme mencakup keseluruhan orang-orang di Hindia Belanda.

Pendidikan yang kala itu hanya ditujukan pada golongan tertentu, kemudian diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Perjuangan memajukan kebudayaan, diperluas menjadi perjuangan politik mengusir penjajahan Belanda yang puncaknya tercapai proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia,” terangnya.

Hendra mengajak masyarakat Kabupaten Paser, ikut menumbuhkan semangat dan optimisme untuk bangkit dalam memajukan daerah.

Dari sejarah organisasi Boedi Oetomo juga diharapkan menjadi pelecut bagi generasi muda daerah, untuk ikut memberi kontribusi bagi bangsa dan negara khususnya kemajuan daerah.

“Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia, kebangkitan nasional juga menjadi penanda lahirnya zaman baru dan inilah saatnya generasi sekarang mengambil peran di tengah gempuran teknologi yang semakin canggih,” papar Hendra.

Ia mengharapkan, semangat juang dari para jasa pahlawan tidak boleh luntur dan menjadikan momen Harkitnas sebagai inspirasi dalam mengisi kemerdekaan dengan baik dan melakukan pembangunan yang tepat sasaran.

Pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan oleh Pemkab Paser dan tentunya dengan pengawasan oleh DPRD Paser, menjadi suatu hal yang dapag membangkitkan dan membangun daerah.

“Selamat hari kebangkitan nasional ke 116 tahun, mari bersama-sama mengawal dan mengawasi jalannya pembangunan di Kabupaten Paser,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.