Peresmian, Nama Gedung Parkir Mapolres Paser dari Bahasa Daerah dan Nama Batalyon

603

SOROT – Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar didampingi istri melakukan pengguntingan pita dan memecahkan kendi, Senin (4/12/17) sebagai tanda peresmian gedung parkir Mapolres Paser.

Dihadapan sejumlah perwira, anggota Polres Paser dan ibu Bhayangkari, Kapolres menjelaskan arti dan makna pemberian nama tempat parkir yang berukuran 12 x 30 meter itu.

“Waktu itu memang saya meminta untuk diberi nama yang bagus, memiliki makna yang baik, Alhamdulillah akhirnya bisa ditemukan namanya. Yaitu Awa Patria Guna,” kata Dudy dalam penyampaiannya.

Seperti yang dijelaskan oleh Paur Humas Polres Paser IPTU Bambang Yuwono sebelumnya kata Dudy, Awa yang artinya tempat diambil dari Bahasa Paser.

“Kita beri nama Awa dari Bahasa Paser yang artinya tempat, Mengapa saya memberi nama Awa, karena kita yang bertugas di Polres Paser menghargai budaya lokal,” ucapnya.

Kemudian untuk kata Patria diambil dari nama batalyon saat Dudy mengikuti pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol), lengkapnya Batalyon Patria Tama.

“Patria itu diambil dari batalyon saya waktu pendidikan, namanya Patria Tama. Artinya adalah patriot, kuat dan berani. Kalau Guna, ya tempat ini serba guna,” ujarnya.

“Ini kalau mau kita gunakan bukan hanya tempat parkir, mungkin bisa juga digunakan untuk acara, seperti lomba burung kemarin sudah teruji dan banyak yang mengapresiasi,” sambungnya.

Salah satu tujuan utama membangun tempat parkir tèrsebut agar kendaraan dinas milik Polres Paser terhindar dari terik matahari dan hujan, karena jika dibiarkan warnanya cepat pudar dan tidak menutup kemungkinan akan cepat rusak.

“Kasian kendaraan dinas, apa lagi mobil water canon, karena ternyata nozzle penyemprot air ini sangat mahal sekali, waktu itu saya dijelasin sama Pak Pugu, ini mahal sekali Ndan, kalau rusak susah kita, dan akhirnya saya berpikir wah ini harus dikasi kandang,” jelasnya.

Dudy berharap kepada anggota Polres Paser agar bisa merawat tempat parkir itu kedepannya. “Mudah-mudahan tempat ini dijaga, sehingga berguna serta bermanfaat untuk Polres Paser dan masyarakat,” harapnya.

Sementara menurut Paur Humas Polres Paser IPTU Bambang Yuwono pada acara yang sama mengatakan, Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar sebagai pemrakarsa pembangunan gedung parkir itu tentu akan menjadi kenang-kenangan disaat tak bertugas di Paser lagi.

“Karena beliau memprakarsai pembangunan gedung ini, semoga gedung ini sebagai tanda mata kenangan-kenangan beliau waktu menjabat, begitu juga silaturrahmi antara Bapak Kapolres Paser dan anggota Polres tidak terputus dengan penempatan nama ini,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.