Pilkada 2018, AKBP Roy Satya Putra Jamin Netralitas Polisi di Paser

1281

SOROT – Pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2018, AKBP Roy Satya Putra yang saat ini menjabat Kapolres Paser berjanji dan menjamin netralitas polisi yang bertugas di wilayah Paser.

Sebagai anggota Polri kata Roy, sudah menjadi tugas dasar untuk menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) dalam pesta demokrasi, meskipun pimpinan Polda Kaltim ikut serta dalam semarak Pilkada tahun depan.

“Kita jamin seratus persen Polri netral, sesuai tugas pokok kita untuk menjaga Kabupaten Paser aman dan kondusif,” kata Roy, Rabu (13/12/17) lalu, saat ditemui diruang kerjanya.

Dikatakan, dengan sikap netralitas, Polri bisa bersinergi dengan TNI dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan gelaran Pilkada 2018.

“Hari pertama Apel saya sudah mengingatkan anggota agar tetap netral dan tidak ikut-ikutan dalam pesta politik,” tegasnya.

Netralitas Polri kata dia, juga telah tertuang dalam UU No 2/2002 tentang Polri, disebutkan bahwa kepolisian tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

“Pemimpin Polri juga menekankan agar seluruh anggota Polri bersikap netral. Jangan sekali-kali melibatkan diri dalam politik praktis,” ujarnya.

Roy juga meminta agar masyarakat tidak terkotak-kotak dalam suasana tersebut, tetapi menggunakan hati nurani dengan baik untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban Kabupaten Paser.

Saat ini lanjut Roy, pihaknya tengah mempersiapkan pengawalan pelaksanaan pilkada, yang pada bulan depan sudah memasuki tahap awal. (rsd/nik)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.