Tanpa Syarat dan Ketentuan, Alumni IPDN Tak Jamin Jadi Pejabat

598

SOROT – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Aji Sayid Fathur Rahman mengatakan, alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tidak menjamin bisa mengisi jabatan di pemerintahan tanpa syarat dan ketentuan memadai.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri kegiatan buka puasa bersama Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Paser di Pendopo Kabupaten, Jum’at (8/6/18).

Menurutnya, Jika syaratnya memadai, lulusan IPDN bisa mengisi jabatan seperti camat atau Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan.

Begitu juga Apratur Sipil Negara (ASN) yang bukan berasal dari IPDN kata Fathur Rahman bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk menjabat dua jabatan tersebut.

“Sepanjang punya pengalaman bekerja di kecamatan atau kelurahan dan memenuhi syarat, maka jabatan itu bisa diembannya,” kata Fathur Rahman.

Menurutnya, jabatan camat syarat pengalaman. Artinya, dibutuhkan seorang ASN yang mengerti tentang tata kelola pemerintahan, dan tentu, berpengalaman.

“Tapi kalau tidak memenuhi syarat kepangkatan itu juga tidak bisa diangkat,” ucapnya.

Sedangkan bagi pejabat eselon II, pemerintah telah memiliki mekanisme perekrutan pejabatan melalui sistem lelang dan seleksi.

“Kalau yang eselon II tentu seleksi. Kalau seleksi tidak lulus, bisa saja tidak masuk,” ucapnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Ketua IKAPTK Paser Faulina Widryani, dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini jumlah anggota yang terhimpun dalam wadah organisasi IKAPTK yakni sebanyak 74 orang.

Dari angkat tersebut, 47 orang yang masih aktif bertugas dan 27 lainya telah purna tugas atau pensiun.

“Ada 47 orang yang masih aktif bertugas, 9 orang menduduki jabatan eselon dua atau pimpinan tinggi pratama dan 14 orang lainnya menduduki jabatan eselon III,” kata Faulina.

“Sedangkan lainnya, 15 orang menduduki jabatan eselon IV atau pengawas dan 9 orang belum menduduki jabatan struktural atau pelaksana,” tambahnya.

Kegiatan buka bersama itu juga dihadiri Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan para alumni perguruan tinggi kepamongprajaan, baik yang aktif ataupun yang purna tugas. (kfp/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.