Rapat Koordinasi Hasilkan Nota Kesepakatan Pilkades Damai Longikis

1240

SOROT – Rapat koordinasi dan penandatanganan komitmen bersama para calon kades dalam Pilkades serentak Tahun 2016 di Wilayah Kecamatan Longikis, Kamis (3/11) bertempat di Mapolsek Longikis Kabupaten Paser Kaltim.

Rapat dipimpin oleh Kapolsek Longikis AKP Jumali, didampingi oleh Camat Longikis Miran Susianto, perwakilan Danramil Longikis Serka Legowo. Juga membahas terkait anggaran Pilkades serentak tahun 2016.

Dalam rapat itu mengemuka soal belum terpenuhinya anggaran Pilkades. Terkait hal tersebut, Camat Longikis menanggapi bahwa telah melakukan koordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Paser dan nantinya ditindak lanjuti dalam rapat bupati.

“Terkait anggaran akan ditindak lanjuti oleh camat dalam rapat Bupati Paser dengan para camat se Kabupaten Paser pada hari Selasa, 08 Nopember 2016 mendatang,” kata Miran Susianto Camat Longikis.

img-20161103-wa0014

Sementara itu, dalam rapat yang juga dihadiri oleh tujuh Pj Kepala Desa yang melaksanakan Pilkades, Panitia Penyelenggara Pilkades, BPD masing-masing desa dan para calon kepala desa sebanyak 60 Orang. Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan melalui Kapolsek Longikis  AKP Jumali memberikan amanat.

Seluruh peserta rapat kata Jumali, agar selalu berkoordinasi untuk memelihara dan menjaga Kamtibmas mulai dari tahapan Pilkades, pemungutan suara  maupun pasca Pilkades sampai pelantikan kades terpilih.  “wilayah Polsek  Longikis harus selalu aman  tenteram dan kondusif,” kata Jumali.

Sebelum penandatanganan lanjut Jumali, Komitmen bersama para calon kades apabila nanti dalam pemungutan Suara tanggal 7 Desember 2016 harus siap menang  siap kalah dan lapang dada menerima serta mendukung Kades terpilih.

Kapolsek juga menyampaikan, agar seluruh calon yang terpilih menjadi Kades dapat  mendukung program Polsek Longikis terkait Pemberantasan Narkoba, mengurangi kenakalan-kenakalan remaja dan  selalu menjadi pelopor keselamatan berlalulintas baik bagi diri sendiri maupun keluarga.

Dalam rapat itu kata Jumali dihasilkan Nota Kesepakatan/Komitmen bersama dalam  Pilkades Damai Kecamatan Longikis 2016.

Nota kesepakatannya. Mentaati peraturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkades. 2. Mengimplementasikan demokrasi yang bermartabat, bernilai etika dan menyelesaikan masalah secara mufakat. 3. Menghindari segala bentuk kekerasan, intrik dan intimidasi serta provokasi.

Masih soal kesepakatan . Tidak melaksanakan praktek jual beli suara dan penyuapan baik kepada pemilih maupun kepada penyelenggara. Menghormati dan menerima hasil penetapan perolehan suara (siap terpilih dan siap tidak terpilih, siap Menang dan siap Kalah).

“Nota kesepakatan bersama  siap menang dan siap kalah Pilkades 2016 Kecamatan Longikis  ditandatangani dan dibagikan kepada masing-masing  Ketua Panitia Penyelenggara Pilkades Kecamatan Longikis untuk didistribusikan kepada masing-masing calon kepala desa,” pungkas Jumali. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.